Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Sotyati 10:06 WIB | Senin, 13 Juli 2015

Lebaran 2015: Pos Pelayanan PMI di 219 Titik Jalur Mudik

Sukarelawan PMI dan Tim Ambulans PMI #KamiSiapBantu dalam Apel Siaga Lebaran 2015, tanggal 9 Juli lalu. (Foto: pmi.or.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) membuka 219 titik pos pelayanan kesehatan dan ambulans untuk di seluruh wilayah Indonesia sejak 10-24 Juli, untuk membantu pelayanan arus mudik Lebaran 2015.

“Untuk membantu mengurangi angka kematian atau cacat akibat kecelakaan saat mudik Lebaran, kami membuka pos pelayanan kesehatan dengan dilengkapi ambulans di 219 titik jalur mudik,” kata Pelaksana Harian Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita, seperti dimuat di situs web resmi PMI, 9 Juli.

Pos pelayanan kesehatan PMI ini akan melibatkan 5.625 personel yang terdiri atas dokter, perawat, dan sukarelawan yang terampil dalam melakukan pertolongan pertama, untuk membantu kasus-kasus kecelakaan darurat, konseling kesehatan, promosi kesehatan, hingga melakukan sosialisasi keselamatan di jalan raya. Pos pelayanan kesehatan ini juga melibatkan 319 ambulans siaga. 

Selama siaga Lebaran yang dimulai pada H-7 dan H+7 Lebaran 2015, pos pelayanan kesehatan PMI bekerja sama dengan sejumlah pihak, seperti dinas kesehatan, dinas perhubungan, kepolisian, TNI, pemerintah daerah, dan rumah sakit rujukan jika ada pemudik yang membutuhkan pertolongan medis lanjutan. 

Sejumlah titik jalur mudik tempat pos pelayanan kesehatan berlokasi, merupakan tempat yang strategis dilewati pemudik, di antaranya Pelabuhan Merak- Bakaheuni, pintu keluar Tol Cikampek, pintu Tol Cipali, sejumlah titik stasiun dan terminal keberangkatan pemudik yang menggunakan kereta api dan bus, seperti di stasiun Gambir, Senen, Kota, dan Jatinegara, serta di Terminal Pulo Gadung dan Kampung Rambutan.

Ingatlah Selalu #SafetyRoad

PMI juga memberikan panduan untuk menghindari kecelakaan di jalan. Selain menjaga keselamatan pribadi, juga akan menyelamatkan pengguna jalan yang lain. Cerdas dan santun di jalan, dapat menyelamatkan semua.

Kecelakaan, dapat terjadi akibat kurangnya konsentrasi dan kelalaian pada saat berkendara. Karena itu, Utamakanlah Keselamatan di Jalan Raya #SafetyRoad.

Ingatlah selalu langkah-langkah berikut agar selamat dalam berkendara :

-Periksa lampu utama, rem, dan sein berfungsi baik.

-Pastikan rem berfungsi baik.

-Kenakan helm SNI dan jangan lupa kunci pengikatnya.

-Pakailah jaket yang berwarna terang.

-Kenakan sepatu, jangan sendal.

-Gunakan sabuk keselamatan dengan cara duduk rapat, tarik sabuknya, kunci, dan kencangkan.

-Sesuaikan arah pandang semua kaca spion.

-Ikuti petunjuk tanda lalu lintas tentang kecepatan, terutama di jalan tol bebas hambatan.

-Jalankan kendaraan di dalam kota sewajarnya.

-Lambatkan jika akan melewati zebra cross, sekolah, pasar, atau tempat-tempat keramaian.

-Jangan menggunakan handphone, apalagi mengetik pesan singkat. (pmi.or.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home