Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 17:36 WIB | Rabu, 10 September 2014

Led Zeppelin Serius Hadapi Gugatan “Stairway to Heaven”

Led Zeppelin Serius Hadapi Gugatan “Stairway to Heaven”
Aksi Led Zeppelin di panggung. (Foto: blabbermouth.net)
Led Zeppelin Serius Hadapi Gugatan “Stairway to Heaven”
Led Zeppelin (ka-ki), Jimmy Page, Robert Plant, dan John Paul Jones, berbincang dengan Presiden Obama di Kennedy Center pada 2012. (Foto: Pete Souza/wikipedia.org)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Anggota kelompok musik Led Zeppelin serius menghadapi tuduhan plagiat atas lagu terkenal mereka, Stairway to Heaven, dengan memilih pengacara terkenal di dunia hiburan, Helene Freeman, untuk mewakili mereka.  

Freeman, yang memenangkan serangkaian perkara untuk mantan anggota boy band ‘N Sync, Justin Timberlake, telah setuju menandatangani kontrak untuk membela Jimmy Page, Robert Plant, dan John Paul Jones, anggota Led Zeppelin tersisa, atas klaim pelanggaran hak cipta yang diajukan oleh seorang pengacara yang mewakili gitaris grup musik Spirit, Randy California.

California sendiri sudah almarhum. Ia meninggal pada 1997.

Francis Malofiy, pengacara itu, mengajukan tuntutan pada Mei 2014, dengan argumen bahwa not lagu pembuka Stairway to Heaven sangat mirip dengan not dari lagu yang ditulis kliennya, lagu Taurus, yang diluncurkan pada 1968. Malofiy mengatakan California pantas mendapatkan kredit untuk itu, atau setidaknya disebutkan menginspirasi bagian itu.

Walau menolak gugatan yang ia sebut “konyol” itu, Jimmy Page menanggapinya dengan serius. Freeman pun, seperti diberitakan WENN, sudah menjawab klaim California melalui pengacaranya.

Led Zeppelin, grup rock band asal Inggris, beranggotakan Jimmy Page (gitar), Robert Plant (vokalis), John Paul Jones (bas dan keyboard), dan John Bonham (drum).  Kelompok musik yang dibentuk di London pada  1968 itu menyatakan diri bubar pada 1980 setelah meninggalnya Bonham. Namun, mereka beberapa kali mengadakan reuni, pada 1985, 1988, 1995, 2007.

Pada 2005, Led Zeppelin menerima Grammy Lifetime Achievement Award. Lembaga bergengsi Kennedy Center memberikan penghargaan pada 2012. (contactmusic.com/wikipedia.org)    

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home