Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 10:14 WIB | Rabu, 27 November 2013

Liga Champions: Mourinho Sebut Basel Pantas Menang

Penyerang Basel, Mohammed Salah (kaus biru merah), di bawha pengawalan ketat Azpilicueta, Chelsea (kaus putih). (foto: uefa.com)

BASEL, SATUHARAPAN.COM – Seusai pertandingan, pelatih Chelsea, Jose Mourinho mengaku Basel pantas menang atas Chelsea dalam partai kelima penyisihan grup E Liga Champions yang berlangsung Rabu (27/11) dini hari WIB, di Stadion Santo Jakobus, Basel, Swiss.

Salah satu penyerang Basel, Mohamed Salah mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan ini, gol tercipta tiga menit sebelum pertandingan berakhir.

Chelsea hampir saja membuka keunggulan pada menit ke-3 di pertandingan ini, tetapi peluang Eto’o gagal membuahkan gol, tetapi manajer Mourinho menolak untuk menyalahkan pemainnya dan merasa kelelahan anak buahnya setelah pertandingan Liga Inggris melawan West Ham, Sabtu (23/11) merupakan penyebab utama kekalahan.

“Itu adalah kekalahan layak, tetapi kami harus memaknai ini secara positif, dan sekarang kita harus mendapatkan hasil di pertandingan terakhir nanti (melawan Steaua Bucharest) menjadi prioritas yang utama,” kata mantan pelatih Real Madrid tersebut.

Mourinho menyebut bahwa kekalahan itu dari menit-menit awal ketika ada kesalahan di pertahanan, dan anak buahnya hanya gagal menjaga ritme permainan pada babak kedua.

“Saya tidak suka kalau ada peluang yang gagal dari menit pertama, ketika ada kesalahan dari pemain bek lawan dan segera membuyarkan harapan kami. Tim hanya memiliki sedikit stabilitas dan kontrol terhadap pertandingan di babak kedua, karena anak buah saya cepat lelah, mereka harus membayar harga yang pantas dari 15 hari dalam jeda internasional dan ditambah dengan pertandingan Liga Inggris benar-benar menyulitkan kami. Pertandingan yang kami mainkan kemarin adalah partai krusial melawan West Ham, di mana tim bermain sangat baik dalam sebuah game yang kuat, tetapi hari ini kita membayar harga yang pantas karena para pemain lelah,” kata Mourinho.

Mourinho sadar dia lupa membuat rotasi pemain, tetapi karena partai di Liga Champions penting sehingga dia memasukkan para pemain inti sama seperti saat melawan West Ham United.

“Saya tidak begitu sedih dengan mereka (Chelsea), karena saya mengerti. Kondisi fisik dan stamina anak buah saya tidak segar dan mungkin saya harus membuat lebih banyak perubahan, tapi ada godaan untuk menjaga tim yang sama karena mereka bermain sangat baik ( di West Ham ),” lanjut Mourinho.

Kekalahan tersebut menempatkan Basel merangsek ke peringkat kedua, sementara pada peringkat ketiga dihuni Schalke (Jerman), dan peringkat keempat dihuni Steau Bucharest (Rumania).

Mourinho mementingkan partai bulan depan melawan Steaua Bucharest karena merupakan partai penentuan lolos tidaknya Chelsea ke babak 16 besar Liga Champions.

Basel memiliki catatan fantastis, karena berhasil menghentukan 29 pertandingan tidak terkalahkan Chelsea dalam fase grup Liga Champions, dengan kemenangan 2-1 di Stamford Bridge pada bulan September silam, dan mereka mengulangi kemenangan tersebut pada dini hari ini.

Susunan Pemain:

Basel: Y. Sommer, K. Voser, I. Ivanov, F. Schär, T. Xhaka, V. Stocker, G. Serey Die, F. Frei, Mohamed Salah, Mohamed El Nenny, M. Streller.

Chelsea: P. Cech, J. Terry, G. Cahill, B. Ivanovic, Azpilicueta, F. Lampard, J. Obi Mikel, Willian, Ramires, Oscar, S. Eto'o  (soccerway.com/ uefa.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home