Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 08:45 WIB | Jumat, 13 Desember 2013

Liga Eropa: Lyon Lolos Puncaki Grup I, Bordeaux Tumbang

Paolo Oliveira dari Guimaraes (kiri) menempel ketat Bafetimbi Gomis (kaus merah, OL). (foto: uefa.com)

GUIMARAES, SATUHARAPAN.COM – Olympique Lyonnais (OL) berhasil memastikan diri lolos dari Grup I Liga Eropa 2013-2014, menuju babak gugur 32 besar setelah pada Jumat (13/12) dini hari WIB, di Stadion Dom Alfonso Henrique, Guimaraes menumbangkan tuan rumah Vitoria Guimaraes (Portugal).  

Tuan rumah Guimaraes memperoleh gol terlebih dahulu lewat Antonio Tomane yang membuat Guimaraes unggul menit ke-11, gelandang Guimaraes tersebut mencetak gol setelah bola tendangan bebas yang dia ekseskusi menjebol gawang OL di bawah pengawalan Anthony Lopes.

Guimaraes nyaris memperbesar keunggulan sembilan menit kemudian, saat tendangan  salah satu penyerang Guimaraes, Crivellaro Rafael melewati penjaga gawang OL, A. Lopes, akan tetapi bola masih berhasil disapu dari garis gawang oleh Mehdi Zeffane, bek OL.

OL bangkit pada babak kedua, ini terbukti saat kiper Guimaraes, Douglas Jesus membuat penyelamatan dari bola yang ditembakkan Zeffane dari 35 meter dari luar kotak penalti.

Zeffane lagi-lagi berperan menghalau bola dari kotak penalti pada babak kedua, setelah bola tendangan pemain Guimaraes, Chris Malonga yang datar gagal diantisipasi A.Lopes

OL pada babak kedua mengancam lewat bola tendangan jarak 40 meter di luar kotak penalti, yang dihasilkan dari Yoann Gourcuff, akan tetapi Douglas Jesus sigap mengamankan gawang Guimaraes.

Babak kedua menandai kebangkitan OL, saat Bafetimbi Gomis berhasil mengeksekusi bola hasil tendangan penalti menit ke-69, penalti diberikan bagi OL karena Gourcuff dilanggar salah satu bek Guimaraes, Pedro Correia. Malang nasib Correia, dia langsung diganjar kartu merah oleh wasit Matej Jug, asal Slovenia.  

Gol yang lahir dari sundulan kepala Jordan Ferri tiga menit kemudian memantapkan kemenangan OL sebagai pemuncak grup I. Dengan hasil tersebut dari Grup I OL lolos sebagai juara grup, bersama-sama dengan Real Betis di peringkat kedua, yang pada saat bersamaan bermain imbang tanpa gol dengan salah satu wakil Kroasia, Rijeka.

Nasib Sial Bordeaux

Keberuntungan yang dialami wakil Prancis hanya berpihak kepada OL, wakil Prancis lainnya di kompetisi Liga Eropa, Bordeaux harus pulang dengan kekecewaan setelah mereka tumbang 1-0 dari klub Israel, Maccabi Tel Aviv. Dalam pertandingan Grup F Liga Eropa yang berlangsung pada saat bersamaan, di Stadion Bloomfield Tel-Aviv.

Salah satu gelandang Bordeaux, Matthieu Chalme menjatuhkan Munas Dabbur pada menit ke-73 di kotak penalti, dan ini menjadi insiden buruk bagi Bordeaux semenit kemudian dikarenakan gelandang Maccabi, Eran Zahavi sukses mengeksekusi bola dari tendangan penalti, sehingga klub Israel tersebut berhasil unggul 1-0 yang bertahan hingga akhir pertandingan.

Dengan hasil ini Bordeaux terbenam pada posisi keempat klasemen Grup F Liga Eropa dengan nilai tiga, sementara itu Maccabi Tel Aviv menemani Eintracht Frankfurt (Jerman) lolos ke babak 32 besar Liga Eropa.  Eintracht Frankfurt pada pertandingan lain di Grup F unggul atas APOEL Nicosia (Siprus) dengan skor 2-0.

Susunan pemain:

Vitoria Guimaraes: Douglas Jesus, D. Addy, Freire, Pedro Correia, Paulo Oliveira, Moreno, C. Malonga, André, Crivellaro, Marco Matias, Tómané.

Olympique Lyonnais: Anthony Lopes, M. Biševac, B. Koné, M. Zeffane, G. Danic, Y. Gourcuff, A. Mvuemba, J. Ferri, A. Pléa, C. Tolisso, B. Gomis. 

Hasil Pertandingan Liga Eropa, Jumat (13/12) dini hari lainnya: Dynamo Kyiv 3-1 SK Rapid Vienne, FC Thoune 0-1 KRC Genk, Freiburg 0-2 Sevilla, Estoril 1-2 FC Slovan Liberec, Real Betis 0-0 Rijeka, Vitória Guimarães 1-2 Olympique Lyonnais, Apollon 0-2 Legia Warszawa, Lazio 0-0 Trabzonspor, Sheriff 2-0 Tromso, Tottenham Hotspur 4-1 Anzhi Makachkala, PAOK 2-2 AZ Alkmaar, Maccabi Haifa 2-1 Shakter Karagandy. (uefa.com/soccerway.com).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home