Loading...
BUDAYA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 06:17 WIB | Kamis, 07 Agustus 2014

Lima Lukisan Karya Seniman Rusia Dicuri

Issac Levitan, potret diri 1880. (Foto: wikipedia.org)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM - Lima lukisan karya pelukis panorama keturunan Yahudi Rusia pada abad ke-19, Issac Levitan dicuri dari sebuah museum yang dibangun untuk menghormatinya, kata pejabat regional pada Rabu (6/8).

Lukisan-lukisan itu, bagian dari koleksi tetap dari seniman yang dikenal dengan gaya “lanskap suasana hati” dari wilayah pedesaan Rusia dicuri pada Selasa dini hari, menurut sebuah pernyataan yang dirilis di situs pemerintah region Ivanovo.

Seorang pejabat, yang enggan disebutkan namanya, di kementerian kebudayaan regional tersebut seperti dikutip Interfax mengatakan lukisan-lukisan itu tidak diasuransikan. Lukisan-lukisan yang dicuri itu diperkirakan bernilai 2,1 juta dolar Amerika (sekitar Rp 24,76 miliar).

Pejabat mengatakan para pencuri lukisan itu membuat pihak kepolisian tersadar saat para pencuri menyandung sebuah alarm di museum tersebut, yang berlokasi di sebuah rumah di mana Levitan pernah tinggal.

Isaac Ilyich Levitan lahir pada 30 Agustus 1860 di Augustów bagian dari Kekaisaran Rusia (sekarang Lithuania) dalam keluarga Yahudi miskin tapi berpendidikan. Ayahnya Elyashiv Levitan adalah anak seorang rabi, Issac pun belajar Yeshiva (pendidikan agama Yahudi).

Dia mengajar bahasa Jerman dan Prancis di Kowno dan kemudian bekerja sebagai penerjemah di sebuah perusahaan konstruksi jembatan kereta api Prancis. Pada awal 1870 keluarga Levitan pindah ke Moskow. 

Pada bulan September 1873, Isaac Levitan belajar di sekolah seni di Moskow di kelas lanskap. Guru Levitan yang terkenal adalah Alexei Savrasov terkenal, Vasily Perov, dan Vasily Polenov. 
 
Isaac Levitan meninggal di usia 39 tahun pada 4 Agustus 1900 karena sakit, dia tidak berkeluarga dan memiliki anak. (AFP/wikipedia.org)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home