Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 08:26 WIB | Rabu, 18 November 2015

LIPI Fokuskan Ekspedisi Ilmiah ke Pulau Terluar Kawasan Timur

Peta Pulau Wetar. (Sumber: waowcharters.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM -  Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) merencanakan memfokuskan ekspedisi tahun depan ke Pulau Wetar dan Papua. Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Prof Dr Enny Sudarmonowati mengungkapkan hal itu seusai acara diskusi publik pemaparan hasil Ekspedisi Enggano, Bengkulu, yang berlangsung sukses di Media Center LIPI Jakarta, penggal awal November lalu.

“Kita akan melakukan ekspedisi ke Pulau Wetar dan Papua. Pulau Wetar merupakan pulau terluar di barat daya Maluku berbatasan dengan Timor Leste. Pulau ini menjadi target Ekspedisi Widya Nusantara (EWIN) 2016,” kata Enny, seperti dikutip dari situs resmi lipi.go.id.

 Selain Wetar, Papua juga menjadi tujuan ekspedisi karena bentuk komitmen LIPI dalam mendukung perkembangan wilayah timur Indonesia. Di Papua, LIPI membantu mengembangkan kebun biologi di Wamena, yang akan ditingkatkan menjadi kebun raya.

Mengingat lokasi yang lebih jauh, biaya ekspedisi ke depan tentu lebih mahal ketimbang sebelumnya. Karena itu, Enny berharap kerja sama antarkedeputian di LIPI dapat diperkuat sejak awal agar dana yang terkumpul lebih besar lagi.

Berkaitan dengan pelaksanaan ekspedisi, seperti Ekspedisi Enggano, Enny menjelaskan timnya tidak hanya menggelar penelitian, namun juga mengembangkan potensi wilayah tersebut dari berbagai aspek. Setelah eksplorasi Enggano, pulau tersebut kini diharapkan mampu mengangkat pariwisata Bengkulu yang akan membawa efek berantai pada peningkatan ekonomi masyarakatnya. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home