Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:26 WIB | Sabtu, 15 Desember 2018

LIPI Resmikan Laboratorium Biosafety Level-3

Ilustrasi. Acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan BSL-3 dan Clean Room yang dilangsungkan di LIPI Cibinong Bogor, pada Jumat (6/4/2018), yang kemudian diresmikan fasilitas Laboratorium Biosafety Level-3 (BSL-3) dan Clean Room di Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Cibinong, Jawa Barat pada Jumat (14/12/2018). (Foto: lipi.go.id)

CIBINONG, SATUHARAPAN.COM – Kegiatan penelitian di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), menghasilkan prototype produk-produk pangan dan obat yang perlu dilakukan uji tantang terhadap mikroba dan virus. Selain itu, aktivitas riset yang mengakses tumbuhan dan hewan liar Indonesia juga berpotensi membawa bakteri dan virus patogen.

Untuk memberikan jaminan hasil penelitian pangan dan kesehatan terhadap produk yang dihasilkan, LIPI meresmikan fasilitas Laboratorium Biosafety Level-3 (BSL-3) dan Clean Room di Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Cibinong, Jawa Barat pada Jumat (14/12), seperti dilansir situs resmi lipi.go.id.

“Fasilitas Laboratorium Biosafety Level -3 dan Clean Room ini melengkapi fasilitas riset LIPI di kawasan Cibinong yang berbasis ilmu pengetahuan hayati. Fasilitas ini merupakan gabungan fasilitas dan sistem yang didesain untuk menjamin keamanan dan keselamatan baik untuk peneliti maupun objek yang diteliti,” kata Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko.

Menurut Handoko, pembangunan fasilitas ini penting bagi LIPI dalam upaya mengembangkan dan menghilirkan hasil-hasil penelitian, terutama yang terkait dengan pelibatan organisme patogen, baik langsung maupun tidak langsung, dan berbahaya bagi kesehatan manusia.

Ia mengatakan, manfaat dari laboratorium ini adalah memberikan nilai tambah bagi produk hasil penelitian Indonesia, agar dapat berdaya saing dengan produk sejenis dari negara lain di pasar dalam negeri maupun internasional. “Seluruh stakeholders dapat memanfaatkan fasilitas LIPI ini dengan syarat dan ketentuan yang berlaku,” katanya.

Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI, Witjaksono, mengatakan LIPI berperan aktif dalam menghasilkan produk-produk pangan, pangan fungsional dan obat, serta mulai menemukan virus dan mikroba patogen dari hewan yang dieksplorasi dari alam.

“Pembangunan fasilitas ini merupakan syarat penelitian pangan dan kesehatan, untuk memberikan jaminan hasil penelitian yang halal dan thoyib, serta memenuhi aspek biosafety dan biosecurity,” kata Witjaksono.

Laboratorium BSL-3 dan Clean Room milik LIPI, menempati gedung satu lantai seluas 754 meter persegi dengan empat laboratorium dan satu ruang utilitas.

Fasilitas riset LIPI ini dilengkapi HVAC (High Ventilation Air Condition), peralatan riset yang terkini, dan telah mendapatkan sertifikat internasional Sistem Manajemen Biorisiko satu-satunya di Indonesia.

Pembangunan dimulai sejak Februari 2018 dan selesai November 2018, dengan skema pendanaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dari Kementerian Keuangan RI.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home