Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 10:01 WIB | Selasa, 27 Agustus 2019

LIPI Tampilkan Hasil Riset di Ritech Expo 2019

Antusiasme pengunjung di stand Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang menampilkan hasil-hasil riset di ajang Ritech Expo 2019, di Lapangan Puputan Renon, Denpasar, 25 - 28 Agustus, sebagai rangkaian peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang ke-24. (Foto: lipi.go.id)

DENPASAR, SATUHARAPAN.COM – Hasil-hasil riset Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tampil di ajang Ritech Expo, yang merupakan rangkaian peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang ke-24, pada Minggu-Rabu (25-28/8) di Lapangan Puputan Renon, Denpasar, Bali.

“Mudah-mudahan dengan hal ini inovasi-inovasi daerah akan bermunculan,  lalu mendorong anak-anak muda Indonesia bangkit menjadi inovator,” kata Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir dalam sambutannya.

Salah satu materi yang ditampilkan adalah teknologi Plasma Nano Bubble yang merupakan teknologi pengolah air limbah (waste water treatment). Plasma berfungsi untuk menguraikan bakteri penyebab bau, setelah itu nano bubble bekerja untuk memberikan oksigen sehingga ekosistem dapat hidup kembali.

Teknologi ini membantu membersihkan Kali Sentiong atau Kali Item di Jakarta saat penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta. Di Bali, Plasma Nano Bubble telah dioperasikan untuk membersihkan Tukad (Sungai) Badung sehingga menjadi daya tarik wisata baru di Kota Denpasar.

Materi-materi lain yang tampil di antaranya Pusat Data Ekosistem Pesisir untuk informasi terkait terumbu karang, lamun, mangrove, teripang, dan data kualitas air; Repositori Ilmiah Nasional untuk eksplorasi dan analisis data penelitian; aplikasi Intip Daqu untuk pengajuan paten; LEAFo atau Aplikasi Identifikasi Fitopatologi Otomatis mampu membantu proses deteksi penyakit tanaman; serta aplikasi Jelajah, Belajar dan Wisata di Kebun Raya (Jawara).

Selain itu juga dipamerkan hasil riset pangan fungsional Probarz dan Banana flake, teknologi konservasi ikan Tuna, DNA diagnostic kit, Bioetanol dan Biomassa Lignoselulosa, obat herbal dari kulit kayu manis dan daun mimba, vaksin oral Hepatitis B, dan kit deteksi kanker.

Selain pameran hasil riset, LIPI juga mengadakan paparan mengenai kegiatan pendidikan lingkungan yang dilakukan Kebun Raya “Eka Karya” Bali dan sharing session dari I Made Wiratathiya Putramas, siswa SMA N 3 Denpasar peraih 4th Grand Award Intel ISEF 2019 yang merupakan pemenang Lomba Karya Ilmiah Remaja yang diselenggarakan LIPI.

Antusiasme pengunjung cukup besar dengan materi yang ditampilkan. “Materi LIPI cukup komplet, karena selain produk fisik juga melalui media digital sehingga kami sebagai pengunjung puas dengan tampilannya,” kata Firda, seorang pengajar bidang komunikasi visual. (lipi.go.id)

 


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home