Loading...
BUDAYA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 12:37 WIB | Jumat, 21 November 2014

Lukisan Georgia O’Keeffe Cetak Rekor

Jimson Weed/White Flower karya Georgia O'Keeffe. (Foto: Georgia O'Keeffe museum)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Sebuah lukisan bunga putih dari gulma, yang pernah tergantung di ruang makan George W Bush, karya mendiang pelukis Amerika Serikat Georgia O’Keeffe berhasil terjual lebih dari 44,4 juta dolar Amerika (setara Rp 540,32 miliar) di New York pada Kamis (20/11).

Balai lelang Sotheby’s mengklaim angka tersebut merupakan sebuah rekor untuk pelukis perempuan. 

Sotheby’s mengatakan rekor lelang sebelumnya untuk karya pelukis perempuan adalah 11,9 juta dolar Amerika (setara Rp144,82 miliar), yang dipecahkan oleh pelukis abstrak Joan Mitchell melalui karyanya ‘Untitled’ di balai lelang Christie’s, New York pada Mei silam. 

Nilai lukisan yang diberi judul Jimson Weed/White Flower karya O’Keeffe di tahun 1932 sebelum penjualan dipatok sebesar 15 juta dolar Amerika (setara Rp 182,52 miliar), namun Sotheby’s mengatakan harga karya tersebut terdongkrak menjadi lebih dari 44,4 juta dolar Amerika (setara Rp 540,32 miliar) dikarenakan persaingan antara dua penawar. 

Awalnya lukisan itu dimiliki adik Georgia O'Keeffe, Anita O'Keeffe Young, sempat selama enam tahun masa jabatan George W Bush, lukisan itu dipajang di ruang makan pribadi presiden di Gedung Putih.

O’Keeffe dianggap sebagai salah satu seniman paling penting pada abad ke-20 dan pelukis avant-garde terkemuka di New York. 

Georgia O'Keeffe lahir pada 15 November 1887, di Wisconsin AS. Ia menghabiskan sebagian besar masa hidupnya di New Mexico dan wafat pada 1986. Rekor lelang karya seniman tersebut sebelumnya adalah 6,2 juta dolar Amerika (setara Rp 75,44 miliar).

O’Keeffe terkenal melalui lukisan-lukisannya yang menggambarkan bunga. Dia pertama kali mendapat perhatian komunitas seni New York pada tahun 1916. Dia suka membuat lukisan bunga dengan format besar, seolah-olah dilihat dari lensa pembesar. (AFP/guardian.co.uk)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home