Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 18:52 WIB | Minggu, 26 Oktober 2014

Lukman Hakim Saifuddin Kembali Jabat Menteri Agama

Menteri Agama RI periode 2009-2014, Lukman Hakim Saifuddin. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Nama Lukman Hakim Saifuddin kembali terpilih sebagai Menteri Agama RI periode 2014-2019. Sebelumnya sosok Politisi PPP ini pernah menduduki jabatan yang sama pada Kabinet Indonesia Bersatu II-Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-menggantikan Suryadharma Ali yang mengundurkan diri setelah tersandung kasus korupsi.

Lukman memang besar di Kementerian Agama. Ayahnya, Saifuddin Zuhri adalah Menteri Agama pada periode 1962-1967.

Sosok yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua MPR 2009-2014 dari Partai Persatuan Pembangunan ini lahir di Jakarta pada 25 November 1962. Ia adalah anak bungsu dari 10 bersaudara anak pasangan KH Saifuddin Zuhri dan Solichah.

Kesembilan kakaknya adalah Dr. Fahmi Djafar (yang beristrikan Dra Maryam, putri tokoh NU KH Ahmad Syaikhu), Farida (bersuamikan Shalahuddin Wahid, putra ketiga KH Wahid Hasyim, adik kandung Abdurrahman Wahid), Anisa, istri Dr Solichul Hadi (mantan aktivis PMII), Aisyah, yang dipersunting Drs Wisnu Hadi (pengusaha), Andang FN Baehaqi (berpendidikan di Kairo dan Belanda yang menikah dengan Gitta (gadis Belanda), Julia, Annie, dan Adib yang menikah dengan Yanti Ilyas (putri KH M Ilyas).

Selepas dari Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI) Manaratul Ulum, Lukman melanjutkan pendidikan ke Pondok Modern Gontor, Ponorogo, Jatim (1983), lalu ke Universitas Islam As-Syafiiyah, Jakarta (1990).

Pada masa mudanya, Lukman aktif sebagai Wakil Sekretaris Pimpinan Pusat Lembaga Kemaslahatan Keluarga NU (LKKNU) 1985-1988.

Setelah itu, pada 1988-1999, Lukman berkecimpung di Lajnah Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) NU sebagai Wakil Sekretaris, Kepala Bidang Administrasi Umum, Koordinator Program Kajian dan Penelitian, Koordinator Program Pendidikan dan Pelatihan, hingga menjadi Ketua Badan Pengurus periode 1996-1999.

Ia menjadi pengurus PPP pada awal 1994 sebagai anggota Lembaga Pusat Pendidikan dan Latihan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP, lalu menjadi Ketua di lembaga tersebut pada 1999-2003, menjadi Sekretaris Pengurus Harian Pusat DPP PPP periode 2003-2007, dan Ketua DPP PPP Periode 2007-2012.

Lukman terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat/Majelis Permusyawaratan Rakyat sejak 1997 sampai saat ini. Pada Pemilu 2014, dia pun terpilih kembali sebagai anggota DPR RI untuk periode 2014-2019. Lukman memiliki seorang istri bernama Trisna Willy dan tiga anak.

Selain Kementerian Agama, terdapat enam kementerian lainnya yang berada di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, yakni Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi

Berikut Daftar Nama Menteri di Bawah Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan

  1. Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan: Puan Maharani (Politisi PDI Perjuangan)
  2. Kementerian Agama: Lukman Hakim Saifuddin (Politisi PPP & Menteri Agama 2014)
  3. Kementerian Kesehatan: Nila F Moeloek (Staf Ahli Divisi Tumor Mata di RSCM Kirana)
  4. Kementerian Sosial: Khofifah Indar Parawansa (Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan 1999-2001)
  5. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak: Yohana Yambise (Guru Besar Universitas Cenderawasih)
  6. Pendidikan Dasar dan Menengah: Anies Baswedan (Rektor  Universitas Paramadina)
  7. Kementerian Riset dan Teknologi serta Pendidikan Tinggi: Muhammad Nasir (Rektor Universitas Diponegoro)
  8. Kementerian Pemuda dan Olahraga: Imam Nahrawi (Politisi PKB)
  9. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi: Marwan Ja’far (Politisi PKB)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home