Loading...
SAINS
Penulis: Melki 13:01 WIB | Rabu, 22 Februari 2023

Mahasiswa Maranatha Raih Juara I International PCBeTheChange

Mahasiswa Maranatha Raih Juara I International PCBeTheChange
Foto-foto: dok. Program Sarjana Teknik Elektro UK Maranatha
Mahasiswa Maranatha Raih Juara I International PCBeTheChange

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - Vincent Jonathan (2122010), Vincent Utama (1722031), Andrew Jonathan (2122016), Satya Wibowo (2122008), dan Frederick Halim (2122015) merupakan mahasiswa Program Sarjana Teknik Elektro Universitas Kristen Maranatha yang berhasil meraih Juara I dalam International PCBeTheChange Student Design Competition 2022. 

Secara keseluruhan, perlombaan dilakukan secara virtual, dimulai dari pendaftaran, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan karya dan penentuan finalis sepuluh besar, yang lanjut ke tahap presentasi.

Dalam tahap itu, Vincent Jonathan dan rekan-rekannya berhasil meraih Juara I dan mengalahkan pesaingnya yang berasal dari Universiti Tunku Abdul Rahman, Malaysia.

Vincent Jonathan mengakui tujuan mengikuti lomba ini bermula dari ketertarikan timnya untuk menciptakan inovasi pada perubahan iklim menggunakan teknologi berbasis elektronik. 

Oleh karena itu, timnya dan dosen pembimbing sepakat untuk fokus pada sektor pencemaran air karena di Kota Bandung salah satu pencemaran yang sangat berdampak pada masyarakat lokal itu adalah dari pencemaran airnya.

"Ini adalah lomba internasional yang pertama kami ikuti dan tidak dapat disangka bahwa kami bisa memenangkan lomba tersebut,” kata Vincent Jonathan dalam keterangan resmi yang dilansir dari UK Maranatha, hari Rabu (22/2).

Dosen pembimbing, Ir. Aan Darmawan, M.T., juga turut memberikan dukungan kepada Vincent Jonathan dan rekan-rekannya untuk semangat dalam merancang alat tersebut, serta percaya diri dalam mempresentasikannya.

Adapun kendala yang dihadapi, seperti susahnya mengatur jadwal latihan bersama dosen pembimbing, tetapi hal tersebut tidak menghambat mereka untuk bersemangat dalam mengikuti lomba ini. 

"Mereka tetap mendalami materi yang telah dibuat dengan matang," katanya.

Lomba International PCBeTheChange Student Design Competition 2022 diselenggarakan oleh IPC Education Foundation yang berlangsung dari tanggal 15 Agustus sampai 14 Desember 2022. Adapun tema yang diangkat dalam perlombaan ini, yaitu “Innovation for Environmental Change”. 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home