Loading...
SAINS
Penulis: Melki 12:27 WIB | Kamis, 16 Februari 2023

Profesor Gilles Jelaskan Tentang Neuropsikologi di UK Maranatha

Profesor Gilles Jelaskan Tentang Neuropsikologi di UK Maranatha
Prof. Gilles saat menjadi pembicara kunci di kuliah umum Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha pada Senin (13/2/2023).
Profesor Gilles Jelaskan Tentang Neuropsikologi di UK Maranatha
Profesor Gilles Jelaskan Tentang Neuropsikologi di UK Maranatha

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - Peneliti asal Radboud University Nijmegen, Belanda, Prof. E. L. J. M. van Luijtelaar (Gilles) atau biasa dipanggil Prof. Gilles menerangkan banyak hal terkait neuropsikologi.

“Neuropsikologi adalah sebuah ilmu tentang bagaimana sistem saraf pusat, dalam hal ini adalah otak dan sumsum tulang belakang, mampu memengaruhi aktivitas kita sebagai manusia,” kata Gilles saat menjadi pembicara kunci di kuliah umum Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha pada Senin (13/2/2023). 

Ia juga mengatakan bahwa neuropsikologi berhubungan erat dengan neurosains kognitif. Sebagai contoh, ketika kita mampu mengenali wajah seseorang yang sudah tidak kita temui hingga berminggu-minggu.

“Neuropsikologi juga berhubungan erat dengan biological psychology atau biopsikologi,” sambung Prof. Gilles. 

“Namun, perbedaannya adalah biopsikologi lebih luas. Biopsikologi lebih mengarah pada proses biologis seperti genetik, hormon, dan biokimia untuk menjelaskan tentang sebuah perilaku,” lanjutnya.

Gilles merupakan seorang peneliti di Donders Center for Brain, Cognition, and Behavior di Radboud University. Kuliah umum “Innovations in Neuropsychology and Technological Advancement” berlangsung secara on-site di Auditorium Prof. Dr. P. A. Surjadi, M.A. dan online melalui aplikasi Zoom.

Tidak hanya civitas Fakultas Psikologi UK Maranatha saja, kuliah umum ini juga dihadiri oleh peserta dari universitas se-Indonesia, seperti Universitas Udayana, Universitas Kristen Indonesia Tomohon, Universitas Airlangga, Universitas Medan Area, Universitas Kristen Satya Wacana, serta tamu undangan lainnya.

Dr. Se Tin, S.E., M.Si., Ak., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset mengatakan, “Topik ini sangat menarik karena membahas tentang upaya memajukan neuropsikologi dalam bidang pengajaran, penelitian, serta pengembangan lab.” 

Se Tin juga berharap melalui kuliah umum ini, peserta bisa mendapatkan manfaat, inspirasi, dan pencerahan untuk mengembangkan pengetahuan terkait neuropsikologi di Indonesia.

Seusai pemaparan oleh Prof. Gilles, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pemberian sertifikat pembicara. 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home