Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 14:26 WIB | Selasa, 09 September 2014

Mahasiswa UGM Pimpin IFSA Asia-Pasifik

Mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (UGM), Sekar Ayu Woro Yunita (kiri) dan Agiel Prakoso (kanan) menghadiri International Forestry Students’ Symposium (IFSS) di British Columbia, Kanada pada 6 – 21 Agustus 2014. (Foto: ugm.ac.id)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Dua mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (UGM), Sekar Ayu Woro Yunita dan Agiel Prakoso, berhasil menduduki jabatan penting dalam Organisasi Mahasiswa Kehutanan Sedunia atau International Forestry Students Association (IFSA) pada saat pemilihan International Forestry Students’ Symposium (IFSS) yang digelar di British Columbia, Kanada pada 6-21 Agustus lalu.

IFSA merupakan organisasi mahasiswa kehutanan tingkat dunia yang diikuti lebih dari 40 negara dan 75 komite lokal. IFSA mempromosikan kerja sama global untuk memperluas pengetahuan dan pemahaman kaum muda tentang proses kebijakan kehutanan internasional. 

Sekar mendapat kepercayaan untuk menjabat sebagai Asia-Pacific Regional Representative (APRR) periode 2014-2015. Ia bertugas memimpin dan memantau seluruh komite lokal IFSA wilayah Asia Pasifik. Pada 2015 mendatang, ia juga bertugas memimpin pertemuan mahasiswa kehutanan se-Asia Pasifik di Taiwan. Ia menetapkan target akan mendirikan komite lokal baru di Jepang dan Selandia Baru.

Sementara itu, Agiel terpilih sebagai Liaison Officer IFSA untuk Food Agricultural Organization (LO FAO). Sebagai LO, ia akan menjadi penghubung antara IFSA dan FAO. Ia juga akan bertugas mengirim delegasi IFSA ke XIV World Forestry Congress di Duban, Afrika Selatan pada September 2015 mendatang.

Dalam simposium tersebut, Sekar dan Agiel mendapat kesempatan untuk mempresentasikan upaya Indonesia menangani pembalakan liar dan perdagangan kayu ilegal melalui Sistem Verifikasi Legalitas Kayu di hadapan peserta yang berasal dari perwakilan 32 negara di dunia. (ugm.ac.id)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home