Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 09:21 WIB | Selasa, 15 Desember 2015

Mahasiswa UMM Juarai ISRF Kategori Sosial-Humaniora

Tim peneliti mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang keluar sebagai pemenang kategori Sosial-Humaniora dalam Indonesia Student Researcher Festival (ISRF) 2015. (Foto: umm.ac.id)

MALANG, SATUHARAPAN.COM – Tiga mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Dwi Yunda Aliyanti (Psikologi), Dwi Alfiyani Rohmah (Sosiologi), dan Fillah Amalia (Pendidikan Matematika), keluar sebagai pemenang kategori Sosial-Humaniora dalam Indonesia Student Researcher Festival (ISRF) 2015.

Melalui hasil riset stiker grafis (stigraf) untuk mengenalkan hak kekayaan intelektual (HKI) kepada mahasiswa, ketiganya keluar sebagai pemenang dengan berhasil menyingkirkan 540 peserta.

“Dari hasil riset yang kami temukan di UMM, hanya 20 persen mahasiswa yang mengetahui tentang HKI, atau yang sekarang sudah berganti nama menjadi KI, kekayaan intelektual. Padahal, jika dilihat dari segi kegunaan, KI sangat penting untuk melindungi hak cipta seseorang,” ujar Yunda, Jumat (18/12), seperti ditulis situs resmi umm.ac.id.

Yunda dan teman-teman mendasari penelitian pada kenyataan banyak aset Indonesia yang sangat berlimpah itu hilang karena Indonesia belum mendaftarkan hak patennya. Ia berpendapat KI perlu diperkenalkan kepada mahasiswa mengingat mahasiswa adalah agen perubahan. “Mahasiswa inilah yang nanti akan memberikan pemahaman pada masyarakat tentang KI,” dia menjelaskan.

Setelah melakukan riset, ketiga mahasiswa itu mempraktikkan konsep yang telah mereka rancang. Alhasil, mahasiswa mulai mengetahui apa itu KI.

ISRF diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengkajian Intelektual Mahasiswa (Leppim) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Selain kategori Sosial-Humaniora, kategori lomba lain, yakni kategori pendidikan dimenangkan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan kategori Teknologi dimenangkan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Berkat risetnya, Yunda dan kawan-kawan berhak membawa hadiah senilai dua juta rupiah dan piala gubernur.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home