Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 10:50 WIB | Jumat, 09 Oktober 2015

Malaysia Imbau Warganya Salat Minta Hujan

Ilustrasi: Sebuah masjid di Malaysia menggelar ibadah salat. (Foto: AFP)

KUALA LUMPUR, SATUHARAPAN.COM - Otoritas Islam Malaysia (Jakim/Jabatan Kemajuan Islam Malaysia) menyarankan semua masjid di seluruh negara itu menyelenggarakan salat Istisqa (salat untuk meminta hujan) dan mendoakan masalah asap yang melanda sejumlah negara bagian tidak berkepanjangan.

"Jakim mengambil inisiatif melalui masjid-masjid utama Jakim, yaitu Masjid Negara, Masjid Putra, dan Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin, serta seluruh masjid dan surau di bawah Departemen Agama Islam Wilayah Persekutuan untuk melaksanakan salat Istisqa yang diadakan pada 9 Oktober, setelah salat Jumat," kata Kepala Direktur Jakim, Othman Mustapha, dalam satu pernyataan pada Kamis (8/10).

Dia menyarankan pelaksanaan salat Istisqa digelar setelah ibadah salat Jumat (9/10). Dia meminta kerja sama Majelis Agama Islam Negeri (MAIN) dan Departemen Agama Islam Negeri (Jain) di seluruh negara bagian mengadakan salat Istisqa pada tanggal dan waktu yang ditentukan di seluruh masjid dan surau di bawah seliaan lembaga masing-masing.

Othman juga menyerukan kepada penduduk Malaysia bersama-sama menjaga kesehatan, membatasi kegiatan di luar rumah, dan mengambil tindakan pencegahan dengan memakai penutup hidung saat berada di area terbuka.

"Marilah kita semua terus berdoa agar negara Malaysia selalu tetap aman, makmur, dan sejahtera," kata dia.

Pada akhir September, tercatat 931 sekolah dasar dan menengah di sepuluh daerah di Selangor ditutup menyusul kualitas udara semakin buruk. Kala itu Indeks Pencemaran Udara (IPU) masuk ke tingkat sangat tidak sehat.

Dari ratusan sekolah tersebut setidaknya terdapat  916.223 murid dan siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Direktur Departemen Pendidikan Selangor, Zainuren Mohammed Noor, mengatakan perintah penutupan yang dikeluarkan Kementerian Pelajaran hari ini sudah disebarkan kepada seluruh pengurus sekolah.

"Setelah sebuah sekolah mendapat perintah meliburkan diri, departemen akan menghubungi seluruh kantor pendidikan di setiap negara bagian agar segera mengeluarkan surat kepada administrator sekolah untuk menginformasikan kepada orang tua mengenai penutupan tersebut," kata Zainuren. (berita.mediacorp.sg)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home