Loading...
RELIGI
Penulis: Endang Saputra 17:46 WIB | Senin, 07 Maret 2016

Maman: Laporan Dirjen Haji dan Umrah Sekadar Copy Paste

Anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Maman Imanulhaq. (Foto: Dok.satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Maman Imanulhaq menilai laporan hasil evaluasi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) sekadar copy paste.

 “Ini penyakit birokrat mereka melaporkan sesuatu dengan copy paste tidak berupaya untuk melaporkan sesuatu dengan peningkatan pelayanan dan memberikan terbaik bagi rakyat,” kata Maman, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, hari Senin (7/3).

Sebenarnya, kata Maman dirinya mengapresiasi Dirjen PHU Abdul Djamil. Namun, dalam laporan Dirjen PHU ini tidak ada breakdown secara terperinci anggaran itu. Sebelumnya, alokasi anggaran Dirjen PHU sebesar Rp 1.085.286.899.000 yang terealisasi hanya Rp 849.092.618.833.

“Apa penggunaan anggaran itu supaya kita bisa evaluasi, kita melihat dalam pelaporan Dirjen PHU adalah hanya dilaporkan secara global tidak terperinci, lihat penyerapan anggaran di DKI Jakarta hanya 15,68 persen, ini hal yang sangat mengkhawatirkan ada keinginan besar tambah anggaran di sisi lain dalam penyerapannya tidak pernah 100 persen tidak ada upaya bagaimana menyerap itu betul-betul ini birokrat kita belum berubah,” kata dia.

Sementara itu Anggota Komisi VIII lainnya Endang Maria Astuti sangat kecewa dengan Dirjen PHU banyak yang tidak terealisasi sesuai harapan.

“Mestinya pelayanan untuk khususnya umat Muslim dalam melaksanakan ibadah haji dan umrah itu mestinya bisa diharapkan semaksimal mungkin, tetapi justru ada beberapa tidak terserap anggarannya yang menjadi kita sedih,” kata dia.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home