Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:52 WIB | Rabu, 29 September 2021

Sudan: 11 Aparat Keamanan Tewas, 11 Teroris Asing Ditangkap

Gambar yang diambil pada 21 September 2021 ini menunjukkan pemandangan Jembatan Mek Nimr di seberang sungai Nil Biru, yang menghubungkan pusat ibu kota Sudan, Khartoum, dengan kota Khartoum Utara yang berdekatan (latar belakang). (Foto: dok. AFP)

KARTHYOUM, SATUHARAPAN.COM-Lima petugas keamanan Sudan tewas pada bentrokan dalam serangan terhadap kelompok terkait ISIS pada hari Selasa (28/9), sebuah pernyataan oleh dinas intelijen umum mengatakan.

Pasukan keamanan menangkap "11 teroris asing dari berbagai negara" dalam serangan itu, tambah pernyataan itu.

Sudan dipimpin oleh pemerintahan sipil-militer di bawah kesepakatan pembagian kekuasaan Agustus 2019 yang ditandatangani setelah penggulingan presiden Omar Al-Bashir oleh militer pada April tahun itu menyusul protes massal terhadap pemerintahannya yang bertangan besi.

Pemerintah Sudan mengatakan telah menggagalkan upaya kudeta 21 September yang melibatkan perwira militer dan warga sipil yang terkait dengan rezim Bashir yang dipenjara. Sedikitnya 11 petugas termasuk di antara mereka yang ditangkap.

Perdana Menteri Sudan, Abdalla Hamdok, sejak itu menyerukan reformasi di dalam tentara, masalah yang sangat sensitif di Sudan.

Transisi ke pemerintahan sipil penuh tetap goyah, terhuyung-huyung dari fragmentasi yang mendalam di antara faksi-faksi politik, kesengsaraan ekonomi dan peran para pemimpin sipil yang surut.

Pemimpin paramiliter dan wakil Burhan di Dewan Berdaulat, Mohamed Hamdan Daglo, menyalahkan politisi setelah kudeta yang gagal.

“Politisi adalah penyebab utama di balik kudeta, karena mereka telah mengabaikan sebagaian besar warga negara… dan lebih peduli untuk memperebutkan bagaimana mereka bisa tetap berkuasa,” kata Daglo. (Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home