Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:43 WIB | Kamis, 02 April 2015

Mantan Buruh Pabrik Tiongkok Jadi Perempuan Terkaya

Zhou Qunfei, CEO sekaligus presiden perusahaan Lens Technology adalah mantan buruh pabrik Tiongkok yang menjadi perempuan terkaya di Tiongkok. (Foto: .dailymail.co.uk)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM – Seorang mantan buruh pabrik yang kemudian mendirikan perusahaan pemasok kaca layar sentuh, untuk sejumlah perusahaan raksasa termasuk Samsung dan Apple, kini menjadi perempuan terkaya di Tiongkok dengan total kekayaan mencapai lebih dari delapan miliar dolar Amerika (setara Rp 104,3 triliun)

Kekayaan Zhou Qunfei, CEO sekaligus presiden perusahaan Lens Technology, meroket setelah perusahaan tersebut mencatatkan sahamnya di bursa efek Shenzhen bulan lalu. Setelah itu, saham Lens melejit selama 10 hari berturut-turut.

Ia ditetapkan, sebagai perempuan terkaya di Tiongkok pada Selasa (31/3), menurut laporan Forbes.

Zhou, pernah bekerja sebagai buruh saat masih gadis di sebuah perusahaan kaca, sebelum memulai bisnisnya pada 2003.

Kini di usia 45 tahun, ia memiliki 89 persen saham Lens, yang memiliki lebih dari 80 ribu karyawan dan pendapatan sebesar 3.3 miliar dolar Amerika (setara Rp 43 triliun) pada 2013, menurut laporan Bloomberg.

Total kekayaan Zhou mencapai 7,6 miliar dolar Amerika (setara Rp 99,04 triliun) pada Selasa (31/3), sebelum harga saham Lens meroket 10 persen pada Rabu (1/4).

Lens merupakan produsen kaca layar sentuh untuk ponsel, komputer, dan kamera. Menurut laporan surat kabar Tiongkok South China Morning Post, produk Lens digunakan di hampir 21 persen smartphone dunia. (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home