Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 11:50 WIB | Kamis, 28 April 2016

Mantan Imam Besar Masjid Istiqlal Meninggal Dunia

Musthofa Ali Yaqub, mantan Imam Besar Masjid Istiqlal saat memberikan penjelasan terkait ISIS kepada wartawan, 6 Agustus 2014 (Foto: Elvis Sendouw)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Prof KH Ali Mustafa Yaqub wafat. Ali Mustafa mengembuskan napas terakhir di RS Hermina pada Kamis (28/4) pagi sekitar pukul 06.00 WIB.

Rencananya almarhum akan dikebumikan sekitar pukul 14.00 WIB setelah disalatkan selepas duhur, menurut keterangan Idris Mas’ud, salah satu santri almarhum yang juga salah satu pengurus PBNU.

Menjabat sebagai Imam besar Masjid Istiqlal sejak 2005 hingga Januari 2016, almarhum menjadi tuan rumah yang menerima Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Istrinya saat berkunjung ke Masjid Istiqlal pada 10 November 2010.

Ali Mustafa Yaqub lahir di Batang, Jawa Tengah, 2 Maret 1952 dan tutup usia pada umur 64 tahun. Sejak kecil almarhum mengikuti arahan orang tuanya, belajar di pesantren, dan melanjutkan pendidikan di Arab Saudi selama 19 tahun.

Sebelum mendirikan Pesantren Darus-Salam, beliau sempat berencana membagikan ilmunya di tanah Papua. Namun keinginan itu dilarang oleh gurunya sewaktu pesantren, Gus Dur, dan menyuruh almarhum untuk tetap tinggal di Jakarta.

Ali Mustafa banyak melahirkan karya tulis. Almarhum juga dikenal dengan kepakarannya di bidang ilmu hadits. (nu.or.id/kompas/detik/kav)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home