Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:39 WIB | Sabtu, 06 Desember 2014

Mantan Ratu Belgia Tutup Usia

Ilustrasi Ratu Fabiola dan Raja Baudouin dari Belgia. (Foto: ifaavianty1.wordpress.com)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM – Mantan ratu Belgia Fabiola, janda dari raja Baudouin, meninggal pada Jumat (5/12), di usia 86 tahun, menurut pernyataan istana.

Dengan duka mendalam, yang mulia raja dan ratu serta anggota keluarga kerajaan mengumumkan wafatnya Ratu Fabiola malam ini di Kastil Stuyvenberg di Brussels, menurut pernyataan dari istana kerajaan Raja Philippe.

Lahir di kalangan bangsawan Spanyol di Dona Fabiola de Mora y Aragon di Madrid pada 11 Juni 1928, dia menikah dengan Baudouin pada Desember 1960, tahun yang sama ketika Kongo berhasil meraih kemerdekaan atas Belgia. Pasangan tersebut tidak dianugerahi anak.

Ratu kelima Belgia, dia menarik diri dari sorotan publik setelah kematian mendadak Raja Baudouin pada 1993 saat sedang berlibur di Spanyol. Takhta kerajaan kemudian diambil alih oleh kakak iparnya Albert dan Ratu Paola.

Pada 2013, dia menyaksikan ketika raja Albert II menyerahkan mahkota kepada keponakan Fabiola, Philippe, yang dekat dengannya hingga dia tutup usia. (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home