Loading...
DUNIA
Penulis: Ignatius Dwiana 16:20 WIB | Selasa, 15 Oktober 2013

Medali Kepausan Ditarik Karena Salah Mencetak Nama Yesus

Medali Kepausan yang salah mencetak nama Yesus. (Foto BBC)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM – Vatikan telah menarik enam ribu keping medali kepausan baru yang dijual karena salah mencetak nama Yesus. Dalam huruf di tepi medali, nama ‘Iesus’ (Yesus dalam bahasa Latin) tercetak keliru dengan huruf L, mejadi ‘Lesus’.

Medali itu diproduksi Koin Negara Italia dengan berbahan emas, perak, dan perunggu. Medali itu mulai dijual di toko-toko resmi Vatikan pada tanggal 8 Oktober tetapi ditarik dua hari kemudian setelah kesalahan tersebut diketahui.

Ukiran di atas medali itu adalah moto kepausan Paus Fransiskus. Moto itu diambil dari meditasi atas peristiwa dalam salah satu Injil ketika Yesus memanggil Matius menjadi murid-Nya. Meditasi atas peristiwa merupakan tulisan permenungan biarawan Inggris abad ke-8 Santo Bede.

Media Italia melaporkan bahwa sebelum keseluruhan medali sempat ditarik, empat orang membeli medali keliru itu. Medali salah cetak itu menjadi barang langka dan bisa terjual dengan harga tinggi.

Medali baru semacam ini diluncurkan setiap kali paus baru terpilih. Penjualan medali ini menjadi sumber pendapatan bagi Vatikan. Medali itu melambangkan wajah Paus Fransiskus biasa dibeli para kolektor di seluruh dunia. (BBC/Reuters)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home