Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 12:22 WIB | Selasa, 13 Februari 2024

Media Asing Melihat Pemilu Indonesia: Rumit dan Kritik pada Jokowi

Seorang pekerja menunjukkan surat suara yang disiapkan untuk pemilihan presiden mendatang di titik distribusi logistik pemilu di Tangsel, Indonesia, Rabu, 10 Januari 2024. Indonesia, negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, akan membuka pemungutan suara pada hari Rabu untuk hampir 205 juta orang yang memenuhi syarat. pemilih dalam pemilihan presiden dan legislatif, yang kelima sejak negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara ini memulai reformasi demokrasi pada tahun 1998. (Foto: AP/Tatan Syuflana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Indonesia, negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, akan membuka pemungutan suara pada hari Rabu untuk hampir 205 juta pemilih yang memenuhi syarat dalam pemilihan presiden dan legislatif, yang kelima sejak negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara ini memulai reformasi demokrasi pada tahun 1998.

Negara kepulauan yang luas dengan 17.000 pulau dan berpenduduk lebih dari 270 juta orang dari sekitar 1.300 kelompok etnis merupakan benteng demokrasi di Asia Tenggara, wilayah yang beragam dan dinamis secara ekonomi dengan rezim otoriter, negara polisi, dan negara demokrasi yang baru lahir.

Apa Yang Diperebutkan dalam Pemilu?

Pemilihan presiden akan menentukan siapa yang akan menggantikan Presiden Joko Widodo, yang akrab disapa Jokowi, yang menjalani masa jabatan kedua dan terakhirnya.

Pemilu ini akan menjadi persaingan tiga arah antara Menteri Pertahanan saat ini, Prabowo Subianto, dan dua mantan gubernur, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. Jika tidak ada kandidat yang memperoleh lebih dari 50% suara pada putaran pertama, putaran kedua antara dua kandidat teratas dijadwalkan pada 26 Juni.

Puluhan ribu kandidat di negara kepulauan terbesar di dunia ini bersaing untuk mendapatkan sekitar 20.000 posisi di parlemen nasional, provinsi, dan kabupaten. Sekitar 10.000 kandidat dari 18 partai politik bersaing untuk mendapatkan tempat di parlemen nasional yang mempunyai 580 kursi.

Partai politik diharuskan memiliki seorang perempuan setidaknya di setiap posisi ketiga dalam daftar partainya, dan partai memerlukan setidaknya 4% suara di seluruh negeri agar memenuhi syarat untuk terwakili di parlemen nasional.

Sebuah partai atau koalisi partai perlu menguasai setidaknya 20% kursi di parlemen nasional untuk mencalonkan calon presiden.

Bagaimana Pemilu di Indonesia?

Setiap warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas dapat memilih, namun anggota polisi dan militer dilarang memilih, meskipun keluarga mereka dapat memilih.

Pada pemilu tahun ini, sekitar 52% pemilih terdaftar berusia di bawah 40 tahun. Sepertiga dari mereka berusia di bawah 30 tahun, sehingga menjadikan “suara kaum muda” penting, dan para kandidat telah melakukan upaya bersama untuk menargetkan mereka melalui media sosial. kampanye media.

Para pemilih dapat memberikan suaranya di lebih dari 820.000 TPS di tiga zona waktu di Indonesia. Pemungutan suara akan dibuka pada pukul 07:00 dan ditutup pada pukul 13:00, dan akan diawasi oleh sekitar tujuh juta petugas pemilu dan pekerja independen. Warga Indonesia yang tinggal di luar negeri telah memberikan suara mereka sejak 5 Februari di 3.000 TPS di banyak negara atau melalui pos.

Begitu memasuki bilik suara, seorang pemilih harus mengurus lima surat suara sekaligus dan memilih salah satu dari tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden, serta wakilnya di tingkat nasional, provinsi, daerah, kabupaten, dan kota, sehingga menjadi yang terbanyak, dan pemilu yang rumit di dunia.

Suara dihitung secara publik di TPS.

Mengapa Pemilu Ini Penting?

Terletak di antara samudra Hindia dan Pasifik, Indonesia adalah rangkaian pulau terbesar di dunia dan terbentang jarak yang setara dari New York hingga London. Ini adalah negara terpadat keempat di dunia, dengan warisan budaya yang kaya dan sumber daya alam yang beragam. Hampir 90% dari 277 juta penduduk Indonesia adalah Muslim, menjadikannya negara mayoritas Muslim terbesar di dunia.

Lokasi Indonesia yang strategis juga memberikan signifikansi geopolitik bagi Indonesia, dan sebagai anggota beberapa organisasi internasional, termasuk Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), G20 dan ASEAN, Indonesia memainkan peran penting dalam urusan regional dan global. Stabilitas politik Indonesia memegang peranan penting dalam menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan.

Apa Peran Jokowi dalam Pemilu?

Ada kegelisahan di masyarakat sipil bahwa Jokowi ingin mempertahankan pengaruhnya bahkan setelah ia tidak lagi menjabat. Aktivis, mahasiswa dan dosen dalam beberapa hari terakhir telah menyatakan keprihatinannya atas standar demokrasi di Indonesia, dengan menyebutkan praktik-praktik yang tidak etis, korup, dan nepotisme serta memburuknya kualitas hidup di negara ini.

Widodo menghadapi banyak kritik atas kurangnya netralitasnya setelah ia memberikan dukungannya kepada kandidat terdepan, Subianto, yang telah memilih putra Widodo sebagai pasangannya. Widodo telah menjauhkan diri dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang berkuasa, yang dipimpinnya pada tahun 2014 dan 2019, sejak partai tersebut mencalonkan Ganjar Pranowo dan mantan menteri keamanan di kabinetnya, Mohammad Mahfud, sebagai calon presiden dan wakil presiden.

Siapa Yang Mungkin Menang?

Dengan adanya tiga kandidat presiden yang mencalonkan diri, peraturan pemilu mewajibkan seorang kandidat untuk memenangkan setidaknya 50% suara nasional dan setidaknya 20% suara di setiap provinsi untuk menghindari putaran kedua.

Berbagai lembaga jajak pendapat memperkirakan Prabowo Subianto dan calon wakil presidennya, Gibran Rakabuming Raka, berpeluang memenangkan putaran pertama. Namun apakah mereka akan memperoleh cukup suara untuk memenangkan pemilu secara langsung atau terpaksa mengikuti pemilu putaran kedua masih belum jelas karena para pengamat mengatakan bahwa pemilih yang belum menentukan pilihan akan berdampak signifikan terhadap hasil pemilu. Sekitar seperlima penduduk Indonesia termasuk dalam kategori ini pada survei akhir bulan Desember.

Presiden baru akan dilantik pada 20 Oktober dan harus menunjuk Kabinet dalam waktu dua pekan.

Kapan Hasil Pemilu Diketahui?

Proses penghitungan suara resmi yang memakan waktu dan memakan waktu lama dapat diselesaikan dalam waktu hingga 35 hari, waktu maksimal yang diatur dalam UU Pemilu. Namun masyarakat dapat mengharapkan hasil penghitungan suara awal berdasarkan pengambilan sampel, karena kelompok survei dan pemungutan suara swasta yang terdaftar akan mengerahkan ribuan sukarelawan dan staf ke tempat pemungutan suara di seluruh negeri.

Hasil awal, yang secara luas dikenal sebagai “penghitungan cepat”, dianggap sebagai indikator yang dapat diandalkan mengenai hasil penghitungan resmi ketika semua suara dihitung dalam waktu sekitar satu bulan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home