Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 15:21 WIB | Kamis, 13 Oktober 2022

Media China: Kebijakan Nol COVID-19 Tidak Dihentikan

Orang-orang yang memakai masker pelindung berjalan di jalan, menyusul wabah penyakit virus corona (COVID-19), di Shanghai, China, 21 September 2022. (Foto: dok. Reuters)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Media pemerintah China pada hari Rabu (12/10) mengisyaratkan tidak ada penghentian dalam kebijakan ketat nol-COVID-19, dalam tajuk rencana, dan ini yang keempat diterbitkan pekan ini menjelang Kongres Partai Komunis, dan bersumpah untuk tidak pernah “berbohong” tentang pengendalian virus.

Pesan tersebut menghancurkan harapan luas dari publik China dan pengamat luar negeri bahwa strategi tersebut mungkin akan dilonggarkan setelah kongres, perombakan politik dua kali dalam satu dekade yang dimulai pada hari Minggu dan akan menetapkan cetak biru untuk pembangunan negara.

China adalah ekonomi besar terakhir yang masih berusaha membasmi COVID-19 dengan memberlakukan perbatasan, melalui serangkaian tindakan keras yang melibatkan penguncian cepat, pengujian massal, dan pembatasan perjalanan.

Ini telah membuat jumlah kasus tetap rendah, tetapi membuat ekonomi negara itu babak belur, menyebabkan efek tak terduga secara global, dan memperkuat keterasingannya dari dunia.

Pada hari Rabu, corong utama Partai Komunis, surat kabar People's Daily, mengklaim bahwa "terhampar datar tidak memiliki jalan keluar," merujuk pada istilah slang untuk relaksasi yang populer di kalangan pemuda China.

Dikatakan melonggarkan pembatasan akan membanjiri sistem medis China dan menyebabkan mutasi virus lebih lanjut. China saat ini menghadapi lonjakan kasus nasional terburuk sejak awal September.

Negara tersebut melaporkan insiden pertama dari sub varian BF.7 Omicron pada akhir September, yang telah menyebabkan wabah spiral di wilayah utara Mongolia Dalam dengan lebih dari 4.000 infeksi pada hari Rabu.

Sub varian BF.7 juga terdeteksi di Shenzhen, pusat manufaktur dan teknologi utama di provinsi selatan Guangdong, awal pekan ini.

“Tingkat vaksinasi belum menjadi penghalang yang cukup untuk melawan penyakit parah dan kematian,” tulis editorial tersebut. “Justru karena desakan kami pada nol-COVID-19 yang dinamis, kami telah melindungi kehidupan dan kesehatan orang semaksimal mungkin.”

Hanya 86 persen lansia China yang menerima dua dosis vaksin COVID-19, menurut People's Daily, sementara vaksin mRNA asing yang lebih efektif tidak disetujui di China.

Artikel People's Daily mengikuti dari dua editorial berturut-turut pekan ini dengan tema yang sama, menggambarkan kontrol COVID-19 sebagai perjuangan eksistensial untuk China yang mengadu sistem politiknya dengan Barat.

“Perjuangan melawan epidemi adalah ujian kekuatan materi serta pertempuran semangat,” katanya dalam editorial hari Selasa. Artikel itu menjadi tren di platform media sosial Weibo pada hari Selasa, tetapi bagian komentar online dinonaktifkan.

Kantor berita negara Xinhua juga menjalankan editorial Selasa bersumpah untuk tidak pernah "berbohong." Menjelang pembukaan kongres di Beijing pada hari Minggu, para pejabat telah bergegas untuk menekan wabah di seluruh negeri, memberlakukan penguncian dan pembatasan baru di kota-kota besar seperti Shanghai.

Presiden Xi Jinping, yang telah mempertaruhkan legitimasi politiknya pada kebijakan nol-COVID-19, diperkirakan akan mengamankan masa jabatan ketiga yang melanggar norma di acara tersebut. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home