Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:55 WIB | Jumat, 11 November 2016

Meksiko Siap Bicarakan NAFTA dengan Trump

Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto. (Foto: (ist)

MEXICO CITY, SATUHARAPAN.COM - Meksiko bersedia untuk "memodernisasi" Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) dengan pemerintahan persiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Kanada, namun tidak akan menegosiasikan kembali pakta tersebut, ungkap Menteri Luar Negeri Meksiko Claudia Ruiz Massie.

Massie mengatakan bahwa NAFTA telah "memberikan hasil yang bagus" untuk tiga negara tersebut, namun masih mampu memberikan "keuntungan lebih" untuk semua pihak.

"Kami bersedia untuk berbicara tentang hal ini dengan pemerintahan baru (AS) dan juga Kanada," kata Ruiz Masseiu kepada CNN pada Rabu malam.

"Kami merasa ini adalah sebuah kesempatan untuk memodernisasi pakta itu, bukan menegosiasi kembali, namun untuk memodernisasi," katanya.

NAFTA akan berunding dengan tim transisi Trump dalam beberapa bulan mendatang, katanya.

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto mengumumkan pada Rabu bahwa dia dan Trump sepakat untuk bertemu, kemungkinan sebelum pelantikan miliarder New York tersebut pada Januari tahun depan.

Trump berjanji untuk menegosiasikan kembali atau memutuskan pakta perdagangan bebas yang berusia 22 tahun tersebut.(AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home