Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 05:46 WIB | Selasa, 06 Desember 2016

Menag Hadiri Pertemuan Menteri Agama Empat Negara

Lukman Hakim Saifuddin (tengah) berbincang bersama Menteri Agama Malaysia, Brunei, dan Singapura di Kuala Lumpur. (Foto: kemenag.go.id)

KUALA LUMPUR, SATUHARAPAN.COM – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menghadiri pertemuan para menteri agama dari empat negara yakni Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura untuk pembahasan berbagai hal penting.

"SOM membahasa HAM dalam perspektif Islam. Ada juga agenda pembahasan lainnya, yaitu paparan hasil penelitian tentang haji dan rencana penyatuan kalender hijriyah. Di luar itu, ada isu lain terkait pengelolaan umrah dan produk halal yang juga dibahas," kata Lukman di Kuala Lumpur, Senin (5/12).

Kegiatan pertemuan antar menteri agama ini digelar dua tahunan.   

Agenda pertama Lukman Hakim di Malaysia adalah menghadiri undangan jamuan makan malam dari Menteri di Jabatan Perdana Menteri Malaysia Mejar Jeneral Dato Seri Jamil Khir bin Haji Baharom. Hadir juga Menteri Hal Ehwal Ugama Negeri Brunei Darussalam Pehin Udana Khatib Dato Paduka Seri Setia Ustaz Haji Awang Badaruddin bin Pengarah Dato Paduka Haji Awang Othman.

Turut hadir Menteri Perhubungan dan Penerangan merangkap Bertanggung jawab bagi Keselamatan Siber dan Menteri Bertanggung jawab bagi Hal Ehwal Masyarakat Islam Singapura, Yaacob bin Ibrahim.

Dari Indonesia, tampak hadir Sekjen Kemenag Nur Syam, Kepala Balitbang Diklat Abd Rahman Masud, Sesditjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri Achmad Gunaryo, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah M. Thambrin, serta anggota delegasi lainnya.

Dato Seri Jamil dalam sambutannya mengatakan bahwa SOM merupakan wahana memperkuat ukhuwah dan persaudaraan umat Islam di empat Negara. Dia mengaku bahagia bisa bertemu dalam suasana yang penuh keakraban untuk membahas bersama persoalan umat Islam.

Sementara itu, Sekjen Kemenag Nur Syam menjelaskan bahwa Menag dijadwalkan akan berada di Malaysia sampai Rabu (7/12).  (kemenag.go.id)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home