Loading...
RELIGI
Penulis: Sigit Wibisono 15:00 WIB | Senin, 05 Desember 2016

Masjid di India Cabut Larangan Masuk bagi Wanita

Wanita Muslim India berjalan keluar setelah beribadah di Masjid Haji Ali Dargah di Mumbai, 29 November. (Foto: huffingtonpost.com/Punit Paranjpe/Getty Images)

SATUHARAPAN.COM - Lebih dari 200 wanita memasuki ruang bagian dalam yang suci masjid bersejarah Haji Ali Dargah di Mumbai, India, Selasa pekan lalu. Peristiwa itu terjadi setelah pengelola masjid menghapus larangan bagi pengunjung wanita.

Di dalam kompleks masjid terdapat makam dari Haji Ali Shah Bukhari. Para peziarah biasanya masuk ke dalam ruangan untuk menyentuh makam, meletakkan bunga, dan bersembahyang. Namun, pengurus situs tersebut melarang wanita masuk pada 2012. Pengurus masjid akhirnya membatalkan larangan tersebut setelah sebuah kelompok aktivis wanita melayangkan tuntutan hukum pada 2014.

Anggota dari Bharatiya Muslim Mahila Andolan, kelompok yang mempromosikan pembelaan terhadap wanita Muslim di India, mencoba untuk mengunjungi situs itu pada Juli 2012. Namun, mereka mendapat pemberitahuan bahwa wanita tidak boleh memasuki situs. Padahal, setahun sebelumnya mereka dapat memasuki situs tersebut.

Apa yang terjadi pada masa di antara itu, tidaklah jelas. Pengurus masjid mengatakan, sebelumnya laki-laki maupun perempuan diperbolehkan masuk ke dalam situs. Namun, karena banyak wanita yang masuk ke dalam tidak mengenakan pakaian yang tertutup penuh, akhirnya mereka tidak mengizinkan wanita masuk.

Selama proses pengadilan pada 2015, pengacara pengurus masjid mengatakan bahwa wanita memang dilarang masuk ke dalam kompleks situs. Mereka berasalan hal itu dilakukan untuk menghindari kekerasan seksual pada wanita. Namun, pengurus masjid juga menyatakan bahwa merupakan dosa bila mengizinkan wanita masuk ke dalam situs.

Akhirnya Mahkamah Agung India memenangkan tuntutan para aktivis perempuan. Mereka mengizinkan wanita memasuki masjid untuk bersembahyang pada 29 November 2016.

“Kami senang sekali larangan bagi wanita untuk memasuki masjid sudah dihapus. Kami mengucapkan terima kasih dan pengurus masjid memastikan bahwa kunjungan kami ke bagian suci di dalam akan aman,” ujar Niaz, seorang aktivis.

Wanita di India harus banyak berjuang untuk kebebasan mereka menjalan ibadah di rumah-rumah ibadah. Bukan hanya kaum Muslim, Hindu India juga melarang wanita memasuki rumah ibadah mereka. Namun, karena perjuangan para aktivis, wanita akhirnya juga diizinkan masuk ke tempat-tempat ibadah milik agama Hindu. (huffingtonpost.com)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home