Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 08:35 WIB | Kamis, 18 September 2014

Mendikbud: Kompetensi dan Keterampilan Guru Harus Diuji

Pelatihan “IndieLearning Bagimu Guru Kupersembahkan (BGK)” di Graha Utama Kemdikbud pada Rabu (17/9). (Foto: kemdiknas.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Guru pada dasarnya harus menjadi inspirasi bagi siswa. Oleh karena itu, kompetensi dan keterampilannya harus diuji. Hal ini disampaikan oleh Mohammad Nuh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan usai acara pelatihan “IndieLearning Bagimu Guru Kupersembahkan (BGK)” di Graha Utama Kemdikbud pada Rabu (17/9).

Untuk mewujudkan generasi emas tahun 2045, pelatihan berbasis teknologi menurut Nuh sangat diperlukan oleh para guru untuk mengasah kompetensi guru serta untuk mengenal pembelajaran yang mutakhir.

Pelatihan ini bekerja sama dengan PT Telkom. Nuh dalam acara tersebut juga menyampaikan apresiasinya kepada PT Telkom atas dukungannya dalam upaya peningkatan kompetensi para guru di bidang teknologi.

Arief Yahya Direktur Utama PT Telkom mengatakan bahwa hingga saat ini, Telkom telah melatih 4.321 guru, 1000 di antaranya telah masuk pada tahap ke empat. Arief menargetkan pada 2015 mendatang, Telkom akan menjangkau 50.000 guru untuk menjadi Training of Trainer (ToT) bagi rekan-rekan seprofesinya. Target ini diharapkan mampu menumbuhkan industri digital kreatif melalui penyediaan fasilitas-fasilitas pendukung di Indonesia.

Sejalan dengan hal ini, program pelatihan ini dilaksanakan serentak di delapan kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Medan, Palembang, Surabaya, Banjarmasin, Jayapura, Singaraja, dan Makassar. Materi yang disampaikan pada saat pelatihan meliputi pengenalan Wi Fi Id, pembelajaran abad 21, penerapan kurikulum 2013, pemanfaat sosial media untuk pembelajaran public speaking, dan praktik pembelajaran inovatif. (kemdiknas.go.id)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home