Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 21:49 WIB | Minggu, 13 Desember 2015

Menengok Bibit Buah Milik Pemprov DKI Jakarta

Menengok Bibit Buah Milik Pemprov DKI Jakarta
Salah satu petugas saat membawa bibit tanaman buah rambutan yang dikembangkan di Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman yang terletak di Jalan RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu (12/12). Pusat pengembangan benih di bawah Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (DKPKP) Provinsi DKI Jakarta ini memiliki 11 ribu berbagai bibit tanaman buah sebagai bagian pelayanan untuk masyarakat. (Foto-foto: Dedy Istanto)
Menengok Bibit Buah Milik Pemprov DKI Jakarta
Belasan ribu bibit tanaman buah yang ada di Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman yang diperuntukan bagi masyarakat terletak di Jalan RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan
Menengok Bibit Buah Milik Pemprov DKI Jakarta
Salah satu jenis tanaman buah mangga harum manis yang sudah berbuah dengan tinggi pohon baru sekitar 60 centimeter hasil pengembangan benih yang ada di lokasi Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman, Ragunan.
Menengok Bibit Buah Milik Pemprov DKI Jakarta
Seorang petugas saat membawa salah satu jenis bibit tanaman buah rambutan yang katanya dapat berbuah dengan waktu satu sampai dua tahun yang ada di Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman, Ragunan, Jakarta Selatan.
Menengok Bibit Buah Milik Pemprov DKI Jakarta
Berbagai jenis bibit tanaman buah yang ada di Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman yang terletak di Jalan RM Harsono, Ragunan di bawah Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (DKPKP) Provinsi DKI Jakarta.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menengok belasan ribu bibit tanaman buah di Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman, Jalan RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan. Unit pelaksana teknis (UPT) di bawah Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (DKPKP) Provinsi DKI Jakarta ini telah memiliki 11 ribu bibit dari berbagai jenis tanaman buah, diantaranya, mangga, pepaya, rambutan, belimbing dan berbagai jenis tanaman lainnya.

Menurut Darsim salah satu petugas setempat, belasan ribu bibit tersebut merupakan salah satu pengembangan yang dilakukan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya Jakarta. Selain itu pelayanan bibit ini juga untuk mendukung penanaman di sejumlah wilayah ruang terbuka hijau (RTH) yang ada di Jakarta untuk penghijauan.

Bibit tanaman buah yang dikembangkan di lokasi ini bervariatif untuk masa berbuahnya. Seperti bibit tanaman buah mangga harum manis dengan tinggi 80-100 centimeter, bisa berbuah hanya dalam waktu satu sampai dua tahun dengan perawatan yang tidak terlalu sulit. Selain itu bibit jambu jamaica dengan tinggi 50 centimeter dapat berbuah hanya dengan waktu satu setengah tahun.

Perawatan bibit-bibit tanaman buah di tempat ini tidak terlalu sulit. Penyiraman dilakukan setiap hari pada pagi dan sore hari. Kemudian untuk penyemprotan untuk mencegah dari serangan penyakit atau hama dilakukan setiap satu minggu sekali.

Tumbuhan merupakan indikator sebagai penyaring dan penjernih air secara alami. Tumbuhan memiliki peran penting bagi lingkungan sebagai resapan air secara alami, salah satunya tanaman buah yang dikembangkan oleh Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman Provinsi DKI Jakarta yang direkam pada hari, Sabtu (12/12).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home