Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 16:08 WIB | Rabu, 17 Januari 2024

Mengapa Gambar Irisan Semangka Jadi Simbol Solidaritas untuk Palestina?

Masyarakat sipil dan partai politik Pakistan meneriakkan slogan-slogan saat demonstrasi menentang serangan udara Israel di Gaza, dan untuk menunjukkan solidaritas terhadap rakyat Palestina, di Karachi, Pakistan, Rabu, 29 November 2023. Selama tiga bulan terakhir, di spanduk dan T-shirt dan balon serta postingan di media sosial, salah satu gambaran yang muncul di seluruh dunia sebagai bentuk protes terhadap perang Israel-Hamas: semangka. Buah ini semakin dikenal sebagai simbol perlawanan Palestina dan tanda solidaritas global. (Foto: dok. AP/Fareed Khan)

SATUHARAPAN.COM-Selama tiga bulan terakhir, pada spanduk, kaus oblong, balon, dan postingan media sosial, ada satu gambar yang muncul di seluruh dunia sebagai bentuk protes terhadap perang Israel-Hamas: semangka.

Warna irisan semangka: dengan daging buah berwarna merah, kulit buah berwarna putih-hujau, dan biji berwarna hitam, sama dengan warna pada bendera Palestina. Dari New York dan Tel Aviv hingga Dubai dan Beograd, buah ini telah menjadi simbol solidaritas, menyatukan para aktivis yang tidak memiliki bahasa atau budaya yang sama namun memiliki tujuan yang sama.

Untuk menghindari sensor yang represif, para pembangkang China pernah memelopori “algospeak,” atau tulisan cepat kreatif yang mengabaikan moderasi konten, yang baru-baru ini terlihat pada meme Winnie the Pooh yang mengejek Presiden China Xi Jinping. Orang-orang di seluruh dunia mulai menggunakan algospeak untuk menumbangkan bias algoritmik di TikTok, Instagram, dan platform lainnya.

Internet kini dipenuhi dengan tanda-tanda bergambar: gambar berpiksel, emoji, dan kode tipografi lainnya,  yang menandakan perbedaan pendapat politik. Emoji semangka adalah contoh terbaru.

Inilah bagaimana semangka berubah dari simbol protes di Tepi Barat dan Gaza menjadi tanda solidaritas global terhadap Palestina secara online.

Konteks Sejarah

Setelah perang Timur Tengah tahun 1967, pemerintah Israel menindak pengibaran bendera Palestina di Gaza dan Tepi Barat. Di Ramallah pada tahun 1980, militer menutup galeri yang dikelola oleh tiga seniman karena mereka memamerkan seni politik dan karya dalam warna bendera Palestina: merah, hijau, hitam dan putih.

Ketiganya kemudian dipanggil oleh seorang perwira Israel. Menurut seniman dan penyelenggara pameran, Sliman Mansour, seorang perwira Israel mengatakan kepadanya, “Dilarang mengadakan pameran tanpa izin dari militer, dan kedua, dilarang melukis dengan warna bendera Palestina.” Petugas tersebut menyebut semangka sebagai salah satu contoh karya seni yang melanggar aturan militer, kata Mansour kepada The Associated Press pekan lalu.

Sebagai bentuk protes, orang-orang mulai melambaikan buah tersebut di depan umum.

“Ada cerita tentang para pemuda yang berjalan-jalan dengan membawa irisan buah, dengan risiko ditangkap oleh tentara Israel,” tulis penulis kelahiran Yerusalem, Mahdi Sabbagh. “Ketika saya melihat semangka, saya memikirkan semangat yang tak terpatahkan dari masyarakat kami.”

Sejak pertengahan tahun 90-an, ketika Israel dan Palestina mencapai kesepakatan perdamaian sementara, hingga pemerintahan nasionalis Israel saat ini mulai menjabat setahun yang lalu, pengibaran bendera Palestina tidak lagi menjadi isu besar. Tiga dekade kemudian, “itu menjadi simbol nasional” lagi, kata Mansour.

Setahun yang lalu, Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Israel, Itamar Ben-Gvir, melarang bendera Palestina di tempat umum. Upaya ini mendapat tentangan keras. Sebagai tanggapan, Zazim, sebuah kelompok aktivis Arab dan Yahudi Israel, menempelkan stiker semangka besar di taksi di Tel Aviv yang bertuliskan: “Ini bukan bendera Palestina.”

“Pesan kami kepada pemerintah jelas,” kata organisasi itu dalam pernyataan tertulisnya. “Kami akan selalu menemukan cara untuk mengabaikan larangan yang tidak masuk akal dan kami tidak akan berhenti berjuang untuk kebebasan berekspresi dan demokrasi: apakah ini melibatkan bendera Pride atau bendera Palestina.”

Bagi sebagian orang, menerima warna bendera berarti memperjuangkan kebebasan dan kesetaraan, bukan sekadar memperjuangkan status kenegaraan.

“Saya tidak pernah peduli pada bendera atau nasionalisme,” kata Mayssoun Sukarieh, pakar studi Timur Tengah di King’s College London. “Tetapi jika berbicara tentang Palestina, itu adalah bendera bangsa terjajah yang tidak pernah merdeka. Dan karena sudah dilarang, ini lebih menjadi simbol perlawanan dibandingkan nasionalisme.”

EMOJI Semangka

Semangka telah lama menjadi makanan pokok di wilayah tersebut, dan beberapa hidangan, seperti salad populer di Gaza selatan, berasal dari suku Arab Badui.

Semakin banyak aktivis muda yang menggunakan emoji semangka untuk menyerukan gencatan senjata di Gaza. Emoji mungkin mengacaukan algoritme yang menurut para pendukung perusahaan teknologi digunakan untuk menyembunyikan postingan dengan kata kunci seperti “Gaza” dan bahkan hanya “Palestina.”

“Dengan semangka (emoji), saya rasa ini pertama kalinya saya melihatnya digunakan secara luas sebagai stand-in. Dan bagi saya, hal ini menandai peningkatan signifikan dalam penyensoran konten Palestina,” kata Jillian York, direktur kebebasan berekspresi internasional di Electronic Frontier Foundation.

York yang berbasis di Berlin telah menganalisis kebijakan Meta. Meskipun “pelarangan bayangan” atau pembatasan visibilitas pada postingan tertentu mungkin sulit untuk dilihat, organisasi advokasi dan nirlaba yang mempelajari hak-hak digital di Timur Tengah mengatakan bahwa mereka telah melacak adanya bias yang mencolok, terutama pada platform Meta Facebook dan Instagram. Meta belum banyak bicara secara langsung tentang t miliknya tetapi mengutip pernyataan yang dirilis pada bulan Oktober.

“Sensor agak jelas” di Instagram, kata York. Pada pertengahan Oktober, orang-orang mulai memperhatikan bahwa jika bio Instagram seseorang bertuliskan “Palestina” dalam bahasa Inggris di samping emoji bendera Palestina dan “Alhamdulillah” dalam bahasa Arab, aplikasi tersebut akan menerjemahkan teks tersebut menjadi “Teroris.” Meta merilis permintaan maaf publik.

Semangka bukan satu-satunya simbol yang disukai para aktivis. Tanda-tanda lain solidaritas global Palestina termasuk kunci, sendok, zaitun, merpati, bunga poppy, dan syal keffiyeh. Pada bulan November, untuk memperingati Hari Gencatan Senjata, ketika banyak warga Inggris secara tradisional memakai pin poppy merah, para pengunjuk rasa tahun ini membagikan pin poppy putih, untuk memperingati para korban perang. Pada hari libur tersebut, sejumlah pengunjuk rasa yang mengenakan pin poppy berbaris di seluruh London menyerukan diakhirinya perang di Gaza.

Di Amerika Serikat, Jewish Voice for Peace memperkuat gambaran semangka dalam menyerukan gencatan senjata di Gaza bulan lalu. Kelompok ini mengadakan spanduk di New York dengan warna bendera Palestina dan semangka berbentuk segitiga, memanfaatkan simbol segitiga ACT UP, kelompok aktivis AIDS yang bersejarah.

Jason Rosenberg, anggota dari kedua organisasi tersebut, mengatakan, “Gambaran kami yang diciptakan kembali menunjukkan bahwa perjuangan kami untuk pembebasan dan perjuangan untuk mengakhiri epidemi ini secara intrinsik terkait dengan perjuangan Palestina.”

Gambar Semangka dengan Biji

Alasan lain mengapa semangka bisa beresonansi: Ia memiliki biji. Ada pepatah, yang sering dikaitkan dengan penyair Yunani, Dinos Christianopoulos, yang populer di kalangan aktivis: “Mereka ingin menguburkan kami; mereka tidak tahu bahwa kami adalah benih.”

“Kamu mungkin bisa menghancurkan semangka. Anda mungkin bisa menghancurkan buahnya, tapi bijinya lebih sulit dihancurkan,” kata Shawn Escarciga, seniman yang menciptakan desain koalisi. “Sungguh luar biasa bahwa kehidupan dapat muncul dari sesuatu yang sangat kecil dan tangguh, dan hal ini dapat menyebar dengan sangat mudah.”

Gambar semangka yang diselingi dengan biji berbentuk segitiga yang mencolok muncul pada protes kelompok tersebut di Lincoln Center Manhattan, dan sejak itu menyebar luas secara online. Hal ini sering terjadi: seni muncul dari gerakan protes dan kemudian masuk ke arus utama.

“Seniman selalu berada di garis depan dalam revolusi, perlawanan, politik, dalam berbagai tingkatan,” kata Escarciga. “Kami melakukan ini, menggunakan gambaran ikonik ini, karena AIDS belum berakhir, dan perang jelas belum berakhir.”

Serangan udara, darat dan laut Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 24.000 orang, sekitar 70% di antara mereka perempuan dan anak-anak, menurut Kementerian Kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas. Penghitungan tersebut tidak membedakan antara warga sipil dan kombatan.

Selama ini, para aktivis di seluruh dunia terus menyerukan perdamaian dan gencatan senjata permanen. Israel mengatakan mengakhiri perang sekarang, sebelum Hamas dihancurkan, akan memberikan kemenangan kepada militan yang menyerang Israel selatan pada 7 Oktober dan menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang.

“Kami melihat bendera Palestina dilarang, bahkan emoji online pun ditandai, dan, Anda tahu, kata ‘Palestina’ disensor secara online,” kata Escarciga. “Tetapi memiliki gambaran yang melampaui bahasa, melampaui budaya, dan melampaui algoritma, benar-benar dapat menjangkau orang-orang.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home