Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 18:02 WIB | Senin, 17 Maret 2014

Mengenal Caleg Pemilu 2014 Melalui Aplikasi Gratis

Mengenal Caleg Pemilu 2014 Melalui Aplikasi Gratis
Salah satu narasumber saat menjelaskan aplikasi yang menyajikan profil para Caleg peserta Pemilu 2014 dengan latar belakang pendidikan, pekerjaan, dan organisasi yang digelar oleh Perludem di ruang Media Center KPU Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (17/3) (Foto-foto: Dedy Istanto).
Mengenal Caleg Pemilu 2014 Melalui Aplikasi Gratis
Aplikasi gratis yang menyajikan gambar wajah para Caleg berdasarkan partai politik dan daerah pilihannya yang terdapat di aplikasi menjadi salah satu bagian partisipasi masyarakat untuk mengenal pilihannya.
Mengenal Caleg Pemilu 2014 Melalui Aplikasi Gratis
Daftar nama Caleg yang ditampilkan berdasarkan partai dan daerah pilihannya dapat dilihat secara langsung latar belakangnya dan juga dapat dibuat perbandingan dengan Caleg lainnya dari partai yang berbeda.
Mengenal Caleg Pemilu 2014 Melalui Aplikasi Gratis
Tampilan aplikasi untuk mengetahui perbandingan dari satu Caleg dengan Caleg lainnya juga dapat dilihat melalui aplikasi gratis www.orangbaik.org
Mengenal Caleg Pemilu 2014 Melalui Aplikasi Gratis
Suasana saat peluncuran program aplikasi gratis untuk melihat para Caleg peserta Pemilu 2014 yang digelar oleh Perludem bersama dengan tim kreasi aplikasi di ruang Media Center KPU Jakarta.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) meluncurkan program aplikasi (Application Programming Interface) pemilihan umum (Pemilu) 2014 di ruang Media Center Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jalan Iman Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (17/3).

Peluncuran aplikasi berupa database bertujuan untuk memberikan informasi seputar pemilu dengan mengajak partisipasi masyarakat dalam hal ini bagi pemilih untuk melihat dan menilai calon legislatif (Caleg) di wilayahnya. Hal ini juga untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah dan juga kesadaran publik untuk turut mengawasi Caleg peserta pemilu 2014.

Aplikasi hasil karya anak negeri dari tim Appkitchen salah satu pemenang dalam kompetisi Hackathon Pemilu yang diselenggarakan di Bandung menampilkan aplikasi melalui www.orangbaik.org yang menyajikan berbagai fitur tentang seluruh sosok Caleg dari latar belakang pendidikan, pekerjaan, organisasi dan wawasan daerah pemilihannya.

Selain itu terdapat juga fitur yang menampilkan informasi tanya jawab seputar pemilu 2014 yang dapat diunduh secara gratis bagi para pengguna mobile phone berbasis iOS dan Android. Seluruh informasi didapat dari database KPU yang merupakan penyelenggara Pemilu 2014 yang kemudian diolah kembali dan dikemas secara menarik.

Selain aplikasi tersebut juga tersedia aplikasi PemiluHore hasil tim dari Ciheulang yang menjadi juara kedua dalam kontes Hackathon yang menyajikan aplikasi berupa game dengan tema pemilu yang dapat dinikmai oleh pemilih. Dan terakhir aplikasi Caleg Store yang merupakan kreasi dari Tim Alexcier yang menyajikan data lengkap para kandidat-kandidat pilihannya.

Semua kreasi anak negeri tersebut merupakan hasil kompetisi Hackathon API Pemilu di Bandung sebagai bagian dari partisipasi masyarakat untuk penguatan pemilih di Pemilu 2014.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home