Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 13:15 WIB | Rabu, 09 Maret 2016

Mengintip Perilaku Lumba-lumba Saat Gerhana Matahari

Beberapa ekor lumba-lumba di Ocean Dream Samudra Taman Impian Jaya Ancol tampak tenang saat gerhana matahari terjadi di Jakarta. (Foto: beritajakarta.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gerhana matahari total (GMT) membuat perilaku beberapa hewan air seperti lumba-lumba berubah. Seperti yang terjadi di OceanDream Samudra, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Seperti yang dilansir dari beritajakarta.com, sebanyak empat mamalia laut lumba-lumba jenis moncong botol yang berasal dari Samudera Pasifik yang berada di kolam berukuran raksasa  yang pagi sebelum GMT aktif beraktifitas seperti biasa. Namun saat GMT berlangsung sekitar pukul 07.20, WIB berperilaku aneh.

Empat lumba-luma yang semua berjenis kelamin jantan, justru tampak tenang dan nyaris tak ada aktifitas yang dilakukan. Selain itu yang biasanya mengelompok, justru berpencar dan bahkan cenderung lebih banyak turun ke dalam air.

Hagi Yulia Hugeha, Peneliti Bio Biodiversitas dan Konservasi Sumber Daya Laut, Pusat Penelitian Oceanografi LIPI mengatakan, sesuai kebiasaan lumba-lumba hidup berkelompok. Saat pagi hingga siang aktif beraktifitas seperti mencari makan, melompat dan lain sebagainya. Saat malam lumba-lumba beristirahat dan yang hidup di alam bebas akan turun ke dalam laut.

"Idealnya agar efektif pengamatan dampak GMT pada hewan termasuk lumba-lumba dilakukan di alam bebas yaitu di laut dan memakan waktu yang lama," kata Hagi, Rabu (9/3).

Namun, meski kurang efektif, diakui Hagi, dampak GMT meski tidak total, ada dampaknya pada empat lumba-lumba tersebut.

"Artinya dengan adanya GMT insting hewan membuat perilaku kebiasaan lumba-lumba berubah total. Dari, awalnya aktif menjadi pasif dan cenderung tenang seperti perilaku saat malam. Tapi usai GMT lumba-lumba kembali aktif beraktifitas," kata Hagi. 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home