Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 08:55 WIB | Rabu, 13 Mei 2015

Menhan Korut Dieksekusi Kim Jong Un

Perwira militer Senior Korea Utara Hyon Yong Chol (kanan) di konferensi Keamanan Internasional (Moscow Conference on International Security/MCIS) di Moskow pad 16 April 2015. (Foto: reuters.com)
SEOUL, SATUHARAPAN.COM - Badan Intelijen Korea Selatan pada Rabu (13/5) melaporkan bahwa Menteri Pertahanan Korea Utara Jenderal Hyon Yong Chol dieksekusi mati dengan ditembak menggunakan senjata anti-pesawat tempur karena tidak loyal dan sering kali menunjukkan rasa tidak hormat pada pemimpin tertinggi negara Kim Jong Un.
 
Ratusan pejabat menyaksikan eksekusi Jenderal Hyon pada tanggal 30 April, kata Han Ki Beom wakil direktur Badan Intelijen Nasional kepada sebuah komite parlemen Korsel dan dikutip kantor berita Yonhap.
 
Jenderal Hyon, yang ditunjuk menduduki jabatan Menteri Angkatan Bersenjata Rakyat kurang dari setahun yang lalu, rupanya tertangkap tertidur selama acara militer formal dan dalam beberapa kesempatan bertanya ulang pada Kim Jong Un atau tidak melaksanakan instruksi dengan baik, kata Yonhap.
 
Pada komite parlemen Han Ki Beom menjelaskan bahwa Jenderal Hyon dieksekusi di depan regu tembak menggunakan senjata anti-pesawat tempur -sebuah cara dari Pemimpin Tertinggi untuk memberi peringatan pada para pejabat seniornya.
 
Di Korea Utara, menteri pertahanan bertanggung jawab atas logistik dan pertukaran internasional. Pembuatan kebijakan ditangani oleh Komisi Pertahanan Nasional yang berkuasa dan partai Komisi Militer Pusat.
 
Badan Intelijen Korea Selatan juga mengatakan bahwa Ma Won Chun, yang dikenal sebagai kepala arsitek Infrastruktur Korea Utara juga dieksekusi. 
 
Tahun 2013, Kim Jong Un memerintahkan eksekusi pamannya, Jang Song-thaek yang dituduh makar. (yonhapnews.co.kr)

BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home