Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 13:17 WIB | Selasa, 10 April 2018

Menjaring Bakat Muda dalam Industri Mode Indonesia

Menjaring Bakat Muda dalam Industri Mode Indonesia
Finalis kompetisi Next Young Promising Designer, rangkaian acara dari Jakarta Fashion & Food Festival 2018, bergambar bersama tim kurasi. (Foto-foto: Dok JFFF 2018)
Menjaring Bakat Muda dalam Industri Mode Indonesia
Salah satu finalis kompetisi Next Young Promising Designer, dengan karyanya, busana siap pakai (ready to wear) dengan komposisi 70 persen kain tenun dan 30 persen bahan pelengkap lain.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Bekerja sama dengan Cita Tenun Indonesia (CTI), Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) telah menyaring sepuluh finalis kompetisi mendesain baju dengan menggunakan kain khas Indonesia, yakni kain tenun.

Next Young Promising Designer, kompetisi itu, adalah rangkaian acara dari Fashion Festival di JFFF yang digelar 11 – 29 April 2018. Sedangkan JFFF, acara  tahunan yang digelar Summarecon dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, akan berlangsung hingga 6 Mei yang akan datang.

Ajang kompetisi itu lahir dari cita-cita luhur untuk melahirkan bibit-bibit muda fashion designer berbakat Indonesia.

Para peserta, yang kebanyakan mahasiswa ataupun lulusan sekolah mode, diwajibkan membuat satu konsep busana siap pakai (ready to wear) yang kemudian diterjemahkan ke dalam enam sketsa desain berwarna beserta penjelasan tekniknya, dengan komposisi 70 persen kain tenun dan 30 persen bahan pelengkap lain.

Pendaftar yang mengirimkan sketsanya dikurasi oleh panitia hingga berhasil dipilih 10 terbaik di antaranya untuk mewujudkan sketsanya ke dalam bentuk baju siap pakai. Kesepuluh finalis Next Young Promising Designer juga berkesempatan memamerkan hasil karyanya dalam bentuk fashion show serta showcase exhibition di area Fashion Village.

Ajang kompetisi ini merupakan sebuah kesempatan besar bagi setiap fashion designer pemula untuk bisa bersinar dan diperhitungkan di industri fashion Tanah Air.

JFFF, yang diselenggarakan sejak 2004, juga didukung oleh Kementerian Pariwisata RI dan Badan Ekonomi Kreatif RI.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home