Loading...
DUNIA
Penulis: Bob H. Simbolon 17:59 WIB | Senin, 18 April 2016

Menkeu Tiongkok: Trump Tidak Berpikir dengan Akal Sehat

Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump (Foto: Bob H Simbolon)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - Menteri Keuangan Tiongkok, Lou Jiwei, menyebut Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump, tidak berpikir dengan akal sehat lantaran mengusulkan tarif impor barang-barang Tiongkok dinaikkan hingga 45 persen.

"Trump tidak berpikir dengan akal, jika dia menaikkan tarif barang-barang Tiongkok maka akan melanggar aturan yang ditetapkan oleh Organisasi Perdagangan Dunia." kata dia seperti dilansir Reuters pada hari Senin (18/4).

Lou mengatakan, posisi Amerika Serikat sebagai kekuatan utama dunia tidak berlaku jika Amerika Serikat memberlakukan usulan Trump tersebut. AS perlu mengakui bahwa AS dan Tiongkok saling tergantung satu sama lain.

"Retorika dalam kampanye presiden AS dapat menjadi panas. Tiongkok adalah mitra dagang terbesar Amerika Serikat,"kata dia.

Sementara itu, Donald Trump juga pernah mengatakan bahwa Tiongkok telah menantang Amerika Serikat untuk perang disektor ekonomi.

"Mereka telah mengambil pekerjaan kami, mereka telah mengambil uang kami," kata pengusaha miliarder pada kampanye di New York.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home