Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 22:00 WIB | Jumat, 18 November 2016

Menkopolhukam Harap Demonstrasi Tidak Disalahgunakan

Menko Polhukam Wiranto (kiri) bersama Presiden Joko Widodo (kedua dari kiri) didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (kedua dari kanan), KSAD Jenderal TNI Mulyono (kanan), berfoto bersama seusai memimpin Apel Danrem Dandim Terpusat 2016 di Secapa TNI AD, Bandung, Jawa Barat, Selasa (15/11). Pertemuan tersebut merupakan perhatian khusus Presiden Joko Widodo kepada para aparat komando kewilayahan yang telah bekerja keras membantu mendorong pelaksanaan program-program pemerintah hingga ke daerah terpencil serta menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan harapannya agar demonstrasi lanjutan tidak disalahgunakan dan tidak mengganggu ketertiban umum.

"Tatkala demonstrasi menuntut adanya suatu proses hukum yang adil, yang tegas, transparan dan tidak diintervensi oleh kekuasaan sudah dilakukan, maka sebenarnya tidak ada alasan lagi untuk melanjutkan demonstrasi. Tinggal kita menunggu saja bagaimana hasil proses hukum dari mulai penyelidikan sampai nanti penuntutan," kata Wiranto ditemui di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta pada hari Jumat (18/11).

Menurut Wiranto, jika unjuk rasa akan melanjutkan menjadi masalah lain yang membahayakan persatuan NKRI, dia menjelaskan hal itu bukanlah pada tempatnya.

Kendati Menko mengatakan negara tidak melarang aksi unjuk rasa, namun demonstrasi agar jangan mengganggu ketertiban umum.

"Kita memberikan peringatan bahwa jangan sampai kebebasan untuk mengeluarkan pendapat lewat demonstrasi disalahgunakan untuk hal-hal yang mengganggu ketertiban umum, mengganggu eksistensi negara. Jangan sampai kalau itu dilaksanakan berarti memang harus akan ada langkah-langkah yang keras dan tegas," ujar Wiranto.

Kepolisian, tambah Wiranto, berhak menindak tegas aksi demonstrasi yang mengganggu ketertiban dan ketenangan umum. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home