Loading...
INDONESIA
Penulis: Tya Bilanhar 11:06 WIB | Selasa, 27 Maret 2018

Menlu Retno Marsudi Disambut Hangat di Pentagon

Menlu RI, Retno Marsudi dan Menteri Pertahanan AS, James N. Mattis, di Pentagon Senin (26/3/2018) (Foto: Kementerian Pertahanan AS)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Menteri Pertahanan AS, James N. Mattis, menyambut Menlu Indonesia, Retno Marsudi, di Pentagon, (26/03) untuk pertemuan membicarakan kepentingan bersama kedua negara. Retno mendapat sambutan hangat penuh pujian dan persahabatan.

"Saya meyakini kedua negara memiliki kesempatan -- kemungkinan kesempatann yang hanya sekali dalam satu generasi -- untuk bekerjasama dalam bidang ekonomi, diplomasi dan keamanan," kata Mattis dalam sebuah upacara menyambut Menlu RI.

“Saya kira penting bagi kedua bangsa bekerjasama dan berbagi tanggung jawab atas keamanan regional di tengah persimpangan kritis perdagangan global," ujar dia, dikutip dari situs resmi Kementerian Pertahanan AS.

Mattis memuji upaya Indonesia dalam meningkatkan stabilitas dan perdamaian dengan tetangganya dan dukungan Indonesia bagi upaya rekonsiliasi di Afghanistan.

Mattis mengatakan, "Kami juga menghargai dukungan Indonesia untuk upaya rekonsiliasi di Afghanistan. Kami menyambut inisiatif Anda untuk menjadi tuan rumah pertemuan segitiga para pemimpin agama Afghanistan, Pakistan dan Indonesia. Mengingat keberagaman etnis masyarakat anda, suara dan dukungan Anda terhadap proses perdamaian menunjukkan jalan menuju perdamaian abadi di Afghanistan, negara yang sudah terlalu lama menderita karena perang, kami menyambut kepemimpinan dan pelatihan dan interoperabilitas dengan negara tetangga Anda. Kami percaya itu merupakan faktor yang menstabilkan - apa yang Indonesia lakukan."

Mattis juga memuji  perjanjian kerjasama tiga negara (Indonesia, Malaysia dan Filipina), yang menurut dia dapat menjadi model yang baik dari utara ke Laut Sulu dan seterusnya. 

"Kami sangat menghargai hubungan militer kami dengan Indonesia, mitra yang berpikiran sama dengan nilai-nilai dan kepentingan demokratis, khususnya karena Indonesia mendukung kepentingan mereka dan menghormati hukum internasional demi integritas teritorial di laut China Selatan serta kedaulatan wilayah. Jadi saya berharap bisa mendengar gagasan-gagasan Indonesia yang lebih banyak untuk wilayah ini dan Menteri Retno saya menantikan ide-ide anda, kami menyambut baik Anda dan delegasi Anda demikian pula ide-ide Anda."

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home