Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 18:12 WIB | Rabu, 08 Juni 2016

MenPANRB: Jumlah Ideal PNS 1,5 Persen Penduduk

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi memberikan keterangan pers saat kunjungan kerja di Badan Pengusahaan (BP) Batam di Batam, Kepulauan Riau, hari Jumat (3/6). Kunjungan kerja Menpan RB tersebut untuk melihat perkembangan dan kondisi BP Batam setelah dilakukannya restrukturisasi terutama berkaitan dengan koordinasi antara BP Batam dengan pemerintah Kota Batam dan instansi lainnya terkait perizinan dan penguasaan lahan yang berada di Batam. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Yuddy Chrisnandi mengatakan, jumlah ideal pegawai negeri sipil adalah 1,5 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

"Rasio idealnya 1,5 persen (dari jumlah penduduk) saat ini jumlah PNS 4,5 juta orang, sementara jumlah idealnya 3,5 juta," kata MenPANRB dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR di Jakarta, hari Rabu (8/6).

Menurut dia, kalau saat ini jumlah PNS yang pensiun sebanyak 500 ribu orang maka dibutuhkan 500 ribu lagi untuk mencapai jumlah ideal. 

Saat ini menurut dia, ada 330 ribu PNS yang ditawarkan pensiunan dini agar jumlah ideal itu tercapai.

"Kalau yang pensiun 500 ribu orang, tinggal 4 juta PNS, 3,5 juta masih dibutuhkan pengurangan 500 ribu lagi. Dan ada 330 ribu yang kita tawarkan pensiun dini," ujarnya.

Yuddy mengaku bahwa pemangkasan satu juta PNS baru menjadi wacana dan belum dibahas pada rapat kabinet bersama Presiden Joko Widodo.

Menurut dia, wacana tersebut masih dalam tahapan kajian yang selektif untuk nantinya bisa diterapkan atau tidak.

"Kami sudah membuat penilaian berjenjang. Kurang lebih mereka yang tidak produktif itu sasaran rasionalisasi, merumahkan mereka," ucapnya.

Yuddy menjelaskan, Kemen PANRB sudah membuat penilaian berjenjang kepada para PNS sehingga mereka yang tidak produktif menjadi sasaran rasionalisasi.

Menurut dia, PNS yang terkena rasionalisasi tetap mendapat gaji pensiun pada waktunya namun pemerintah akan lebih efisien karena tidak ada tunjangan kinerja. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home