Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 16:16 WIB | Senin, 05 Maret 2018

Menteri Agama Resmikan Pusat Kajian Musik Islam

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. ((Foto: Dok satuharapan.com)

AMBON, SATUHARAPAN.COM – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon kini memiliki Pusat Kajian Musik Islam. Pusat kajian yang terletak di gedung baru yang dilengkapi studi musik itu, Senin (5/3) ini diresmikan oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin.

Peresmian berlangsung bersamaan dengan pembukaan Konferensi Musik Islam. Acara ini menjadi rangkaian Seminar Musik Indonesia 2018 yang berlangsung dari 7-8 Maret.

Rektor IAIN Ambon Hasbullah Toisuta mengatakan, pusat kajian dan konferensi ini menjadi rintisan awal dibukanya program studi pendidikan musik.

“eminar Musik Islam selain dalam kerangka seminar musik pada 7 - 8 Maret, juga dalam rangka menggali masukan pembukaan jurusan pendidikan musik Islam di IAIN Ambon. Bahkan jika perlu Fakultas Seni Islam,” kata Menteri di IAIN Ambon, Senin (5/3).

Seminar ini menghadirkan sejumlah nara sumber, antara lain dari Malaysia, serta musikus, budayawan, dan pengamat musik Indonesia.

Menurut Hasbullah, Presiden Joko Widodo meminta agar perguruan tinggi melakukan inovasi sesuai kebutuhan masyarakat. Pembukaan jurusan seni musik Islam sangat relevan, apalagi dalam rangka merespons Pemkot Ambon yang akan menjadikan Ambon sebagai Kota Musik Dunia.

“Saat ini belum ada PTKIN yang memiliki jurusan musik Islam. Ini peluang dan tantangan untuk menjadikan musik sebagai sarana dakwah, membangun kedamaian dan integrasi sosial,” tuturnya.

“Kami berharap prodi pendidikan musik di IAIN Ambon segera terealisasi,” demikian harapannya.

Harapan yang sama disampaikan Plt Gubernur Maluku Zeth Sahuburua. Kepada Menag, dia berharap izin pembukaan prodi Seni Musik Islam di IAIN Ambon segera terealisasi.

Menurutnya, masyarakat Maluku sangat cinta musik. Suasana keakraban mereka terbangun juga karena kebiasaan bernyanyi. “Semoga keakraban ini terjaga dalam merawat persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya. (kemenag.go.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home