Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 20:06 WIB | Jumat, 11 Desember 2015

Menteri Keuangan ISIS Tewas

Menteri keuangan, Abu Saleh dan dua pemimpin senior dari kelompok Negara Islam, yang juga dikenal sebagai ISIS dan ISIL, telah tewas dalam serangan udara di Irak bulan November 2015. (Foto: dailymail.co.uk)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Juru bicara militer Amerika Serikat, Kolonel Steve Warren, hari Kamis (10/12), mengatakan menteri keuangan, Abu Saleh dan dua pemimpin senior dari kelompok Negara Islam, yang juga dikenal sebagai ISIS dan ISIL, telah tewas dalam serangan udara di Irak bulan November 2015.

“Semua pemimpin tewas dalam serangan udara di kota Tal Afar, Irak,” kata Warren sebagaimana dikutip ibtimes.com, hari Jumat (11/12).

Warren menjelaskan, Saleh sebagai salah satu anggota paling senior di ISIS, serta mantan anggota al Qaeda. Identitas kedua pemimpin ISIS lainnya yang tewas dalam serangan udara tidak jelas, tetapi Warren mengatakan mereka terlibat mengendalikan keuangan kelompok militan ISIS.

"Pemusnahan mereka akan menurunkan kemampuan ISIL untuk merintah dan mengontrol pasukan, dan itu mengganggu kemampuan mereka untuk membiayai usaha mereka," kata juru bicara Operasi Resolve Inherent, misi untuk melawan ISIS di Irak itu.

"Serangan ini merupakan contoh bagaimana kita mampu memusnahkan jaringan," kata dia menambahkan.

Serangan kepada para pemimpin ISIS di Irak adalah bagian dari upaya koalisi yang dipimpin AS untuk menghancurkan infrastruktur keuangan kelompok militan tersebut. Keuntungan kelompok militan ISIS sebagian besar dihasilkan dari minyak, pemerasan dan pajak dalam wilayahnya.

Dalam pertemuan belum lama ini para pejabat AS, termasuk Menteri Pertahanan Ash Carter, mengatakan koalisi menargetkan tanker minyak ISIS dan stok di dalam wilayah Suriah dan Irak.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home