Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 07:55 WIB | Selasa, 08 Oktober 2013

Merry Riana: Beranilah Bermimpi Besar Karena Mimpi Punya Kekuatan

Merry Riana, meraih 1juta dolar pertamanya di usia 26 tahun. (foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – "Beranilah bermimpi besar karena mimpi mempunyai kekuatan." Merry Riana seorang penulis dan entrepeneur memulai perjalanan hidupnya diawali dengan bermimpi untuk mendapatkan kebebasan finansial sebelum umur 30 tahun.

Merry Riana memulai seminarnya yang bertajuk “You Can Dream It, You Can Get It” pada sesi keempat yang diadakan di ruang auditorium Gedung M lantai 8 Universitas Tarumanegara, Jumat (4/10). Sebelumnya, Debby Widjaja, Britany—wakil Merry Riana Campus Ambassador (MRCA)—, dan Thomas Sugiarto menjadi pembicara pembuka dalam acara tersebut.

Merry Riana tampil mengecoh para peserta ketika pembawa acara mengatakan bahwa ia akan hadir dari arah penonton. Ketika para peserta dan beberapa wartawan menengok ke arah yang diberitahukan, ternyata Merry Riana datang bukan dari arah yang dimaksud melainkan dari arah belakang panggung. Semua peserta dan wartawan yang terkecoh langsung spontan tertawa karena terkecoh.

Dengan semangat ia hadir memperkenalkan dirinya di hadapan semua peserta. Dalam seminar tersebut ia menjelaskan bahwa ia telah merilis tiga buku yaitu, A Gift From A Friend, Mimpi Sejuta Dolar, dan Sejuta Dolar. Merry Riana adalah seorang motivator, penulis buku terlaris dan pengusaha sukses. Ia berhasil meraih pendapatan 1 juta dolar (Rp 11,5 miliar) pertamanya ketika ia berusia 26 tahun. Hasil yang ia raih saat ini bukan didapat dengan cara yang instan melainkan dengan bekerja keras dan tetap percaya bahwa mimpi itu akan terwujud.

Perjalanan hidupnya dimulai ketika setelah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA), orangtuanya harus mengirimkan dia sekolah di luar negeri yaitu Singapura karena peristiwa kerusuhan Mei 1998. Merry bukanlah berasal dari kalangan orang kaya dan ia harus berjuang dengan uang saku 10 dolar untuk satu minggu. Itu artinya dia harus super hemat untuk makan dan kebutuhan sehari-hari. Titik baliknya adalah pada saat ia berulang tahun yang ke 20 tahun, ia membuat resolusi bahwa ia harus mengalami kebebasan finansial di umurnya yang ke 30 tahun.

Singkat cerita, Merry berusaha keras untuk mewujudkannya. Berbagai macam sudah ia alami mulai dari bekerja sebagai pembagi brosur, berinvestasi namun gagal, sampai akhirnya ia berhasil menjadi pegawai terbaik di sebuah perusahaan finansial. Lalu ia berhasil meraih 1 juta dolar pertamanya di usia yang ke 26 tahun.

Pada seminarnya kali ini, Merry Riana menyatakan bahwa yang membuat hidup seseorang berarti adalah bukan pada apa yang mereka miliki, melainkan menjadi diri sendiri dan memiliki passion (be your best self).

Formula Best Life

Ada dua hal yang menjadi formula atau rumus untuk memiliki kehidupan yang lebih baik yaitu, right direction (arah yang tepat) dan right strategies (strategi yang tepat). Merry mengungkapkan ada empat tipe orang yaitu:

  1. Wrong direction and wrong strategy = lost (salah arah dan salah strategi = hilang arah). Dalam tipe ini adalah orang yang tidak tahu mimpi dan passion mereka.
  2. Right strategy and wrong direction = burn out (strategi tepat dan salah arah = sia-sia). Tipe seperti ini adalah tipe orang yang mendapatkan apa yang diinginkan namun tidak merasakan kebahagiaan.
  3. Right direction and wrong strategy = frustrated (tepat arah dan salah strategi =frustasi). Tipe ini adalah orang yang perlu belajar strategi lebih banyak lagi.
  4. Right direction and right strategy = extra ordinary (tepat arah dan strategi = luar biasa). Tipe ini adalah orang yang mampu menemukan hasrat dalam hidupnya dan menjalani dengan cara yang benar.

Di tengah-tengah acara, Merry Riana meminta para peserta untuk menulis di kertas apa mimpi satu juta dolar mereka. Merry juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk mendeklarasikan mimpi mereka dengan maju ke atas panggung. Salah satunya adalah ada yang ingin mengembangkan usaha orangtua menjadi perusahaan multinasional.

Ketika seseorang sudah menemukan passion dalam hidupnya, maka ia harus tahu strategi dalam meraih impian mereka. Ada lima kunci sukses menurut Merry Riana, yaitu:

  1. Plan. Seseorang harus merencanakan segala sesuatunya. Apa saja yang harus direncanakan.
  2. Process. Seseorang harus menghargai setiap proses yang baik maupun buruk. Terkadang, passion itu muncul disaat yang berbeda pada setiap orang.
  3. Preservere (tabah dan yakin). Ketika kegagalan atau kejatuhan terjadi dalam kehidupan seseorang, maka ia harus tabah dalam menjalaninya dan yakin bahwa hal itu akan berlalu dan menjadikan semuanya lebih baik.
  4. Perspective. Dengan mengubah cara pandang, maka seseorang dapat mengubah hidupnya. Karena di setiap hal yang buruk, pasti ada hal yang baik dibalik semuanya itu asalkan tetap berpikir optimis dalam menghadapi hal-hal yang buruk.
  5. Possible. Jangan menganggap rendah diri sendiri. Gunakan hasrat dan hati untuk melangkah bahkan berlari mengejar mimpi.

Setelah mengungkapkan lima P-nya dalam meraih kesuksesan, Merry Riana mengajak para peserata untuk bangkit berdiri dan merenung tentang mimpi mereka. Tidak sedikit yang terharu bahkan sampai menangis mendengar Merry Riana meyakinkan mereka untuk meraih mimpi.

Seminar tersebut ditutup dengan bersama-sama menyanyikan Indonesia Raya. Para peserta terlihat dengan khidmat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia tersebut.

“Hidup adalah sebuah perjuangan yang harus kita lewati. Apa yang kita lakukan hari ini sangat penting bagi masa depan kita. Raihlah mimpi Anda. Follow your passion dan lengkapi dengan 5 P,” kata Merry Riana menutup seminarnya.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home