Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:00 WIB | Sabtu, 16 September 2023

Mesir Berupaya Tekan Pertumbuhan Penduduk, Tahun 2042 Dapat Mencapai 146 Juta

Penduduk di kota Kairo, Mesir. (Foto: dok. Al Ahram)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM-Selama enam tahun terakhir, populasi Mesir tumbuh hampir 10 juta jiwa hingga mencapai 104,5 juta jiwa pada Januari 2023, menurut Badan Pusat Mobilisasi dan Statistik Publik (CAPMAS).

Jika angka kelahiran saat ini terus berlanjut, populasi Mesir akan mendekati 124 juta pada tahun 2032 dan 146 juta pada tahun 2042.

Ini adalah tingkat pertumbuhan yang dibahas dalam Kongres Global Kependudukan, Kesehatan dan Pembangunan (PHDC'23) yang berlangsung selama tiga hari, yang berakhir pada hari Jumat (15/9) di Ibu Kota Administrasi Baru dan dikatakan itu menghambat pembangunan, pengentasan kemiskinan, dan pertumbuhan ekonomi.

Jika angka kelahiran saat ini terus berlanjut, Mesir akan termasuk di antara delapan negara yang akan bertanggung jawab atas lebih dari separuh proyeksi peningkatan populasi global hingga tahun 2050, menurut proyeksi PBB, Amr Hassan, penasihat menteri kesehatan dan kependudukan untuk urusan kependudukan dan keluarga. Tujuh negara lainnya adalah Republik Demokratik Kongo, Ethiopia, India, Nigeria, Pakistan, Filipina, dan Republik Persatuan Tanzania.

Saat berpidato di kongres, Presiden Abdel-Fattah Al-Sisi mengatakan bahwa meskipun memiliki anak adalah sebuah kebebasan, tanpa adanya peraturan hal ini dapat menjadi bencana bagi negara. Dia mengatakan Mesir perlu menjaga pertumbuhan populasi tahunan sebesar 400.000 per tahun selama 20 tahun ke depan hanya untuk mempertahankan layanan pada tingkat saat ini.

Pertumbuhan populasi membebani sumber daya Mesir dan menghambat pembangunan, kata Menteri Perencanaan, Hala Al-Said, dalam kongres. Dia menunjukkan bahwa meskipun ada upaya untuk memperluas produksi pertanian, permintaan pangan melebihi pasokan. Hal yang sama juga berlaku untuk air: porsi per kapita menurun karena pertumbuhan populasi, meskipun terdapat proyek desalinasi dan upaya untuk meningkatkan efisiensi air.

Pakar studi kependudukan dan migrasi, Ayman Zohry, menyambut baik fokus pada pengurangan pertumbuhan penduduk, namun memperingatkan bahwa mengatasi masalah ini adalah tujuan jangka panjang. Tidak ada yang bisa diselesaikan dalam semalam.

Hassan menyetujuinya. Tindakan pemerintah untuk mengurangi angka kelahiran akan berdampak kecil terhadap pertumbuhan penduduk antara saat ini dan pertengahan abad karena struktur usia penduduk saat ini, katanya.

Menurut Hassan, upaya pemerintah untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk yang pesat antara lain dengan meningkatkan penggunaan KB (keluarga berencana) dan mendorong peralihan dari metode KB jangka pendek ke metode KB jangka panjang.

Pemerintah berupaya untuk mengerahkan lebih banyak dokter di unit keluarga berencana dan klinik keliling serta memfasilitasi prosedur impor dan pembuatan alat kontrasepsi. Strategi Nasional Kependudukan dan Pembangunan yang mencakup periode 2015 hingga 2030 telah diperbarui dan versi barunya diluncurkan pada kongres.

Zohry memperkirakan bahwa upaya yang ada tidak akan memberikan bantuan terhadap tekanan kelebihan populasi sebelum 15 hingga 20 tahun. Karena struktur usia penduduk Mesir meskipun kelahiran dibatasi pada satu anak per keluarga, seperti yang terjadi di China, akan tetap ada satu juta kelahiran setiap tahunnya karena terdapat hampir satu juta pernikahan setiap tahunnya, dan angka tersebut belum termasuk keluarga yang memiliki anak kedua atau ketiga.

Meskipun terdapat keberhasilan dalam mengurangi laju pertumbuhan penduduk, namun keseimbangan antara jumlah penduduk dan sumber daya yang tersedia belum tercapai, kata Hassan. Tingkat kesuburan di Mesir turun dari 3,5 anak per perempuan pada tahun 2014 menjadi 2,85 pada tahun 2021 menurut hasil survei kesehatan keluarga terakhir.

Survei tersebut juga menunjukkan peningkatan angka prevalensi kontrasepsi menjadi 66,4 persen pada tahun 2021, dibandingkan dengan 58,5 persen pada tahun 2014.

“Efek kumulatif dari tingkat kesuburan yang lebih rendah, jika dipertahankan selama beberapa dekade, dapat menyebabkan perlambatan pertumbuhan populasi global secara signifikan pada paruh kedua abad ini,” tambah Hassan.

Turunnya angka kelahiran sebagian disebabkan oleh faktor ekonomi, kata Zohry. Ketika pengeluaran sehari-hari menjadi lebih tinggi, jumlah pernikahan berkurang dan orang-orang berpikir dua kali mengenai jumlah anak yang mereka inginkan.

Namun sekali lagi, karena faktor demografi, dampak keseluruhannya hanya akan terasa dalam jangka panjang. Sebagai contoh, ia mencontohkan 2,2 juta bayi yang lahir tahun lalu akan berusia 20 tahun pada tahun 2042. Kemudian giliran mereka untuk menikah, dan akan ada satu juta kelahiran, katanya.

Satu-satunya solusi adalah perubahan pola pikir, kata Zohry, dan pemberdayaan perempuan adalah bagian dari solusi tersebut. Tingkat kesuburan akan turun ketika perempuan meningkatkan penggunaan metode kontrasepsi. Mereka akan menginginkan keluarga yang lebih kecil hanya jika mereka mempunyai kepentingan lain, dan ini hanya akan terjadi dengan pendidikan yang lebih baik. Ketika perempuan mengenyam pendidikan, jelas Zohry, mengurangi jumlah tahun subur. Mereka akan menikah nanti, dan kemungkinan besar akan memasuki pasar kerja.

Hassan menunjukkan bahwa antara tahun 2014 dan 2021 tingkat kesuburan turun menjadi 2,6 pada perempuan yang menyelesaikan pendidikan menengah atau tinggi dan naik menjadi 3,6 pada perempuan yang tidak menyelesaikan pendidikan dasar. Tingkat pendidikan juga mempengaruhi penggunaan keluarga berencana, dengan penyerapan yang lebih tinggi pada perempuan yang telah menyelesaikan sekolah menengah atau pendidikan tinggi.

Zohry yakin masalah kependudukan akan teratasi ketika membesarkan anak menjadi mahal dan orang tua-lah yang membiayai anak-anak mereka, bukan orang tua miskin yang membutuhkan banyak anak agar mereka bisa bekerja dan menghidupi anak-anak mereka.

“Jika masyarakat merasa akan terpelihara ketika mereka pensiun dengan sistem kesehatan yang baik dan dana pensiun yang realistis, mereka tidak akan berusaha memiliki anak untuk menghidupi mereka di hari tua,” katanya. (Al Ahram)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home