Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Melki Pangaribuan 15:17 WIB | Selasa, 02 Juni 2015

Meski Punah, Tasmanian Devil Jadi Lambang Negara Bagian

Tasmanian Devil. (Foto: radioaustralia.net.au)

TASMANIA, SATUHARAPAN.COM - Gubernur negara bagian Tasmania, Kate Warner mengumumkan keputusan memilih Tasmanian Devil, yang dinyatakan dalam kondisi punah sebagai lambang negara bagiannya, pada Minggu (31/5).

Pemilihan dilakukan setelah pemerintah negara bagian menerima pilihan dari warganya tentang hewan mana yang harus diberikan kehormatan untuk mewakili setiap negara bagian.

Menteri Lingkungan Hidup Matius Groom mengatakan pemerintah telah mempertimbangkan semua masukan dan kiriman dari pilihan warga.

"Lewat lambang negara bagian ini, kita memberikan kesempatan untuk mengenali dan mempromosikan fauna asli yang unik di Australia, terutama Tasmanian Devil," ujar Groom seperti dilansir radioaustralia.net.au, Selasa (2/6).

Dia juga berharap dengan status barunya ini, akan meningkatan kesadaran soal penyakit tumor wajah pada Tasmanian Devil, yang menjadi penyebab terancamnya kepunahan binatang tersebut.

Diperkirakan 90 persen dari populasi Tasmanian Devil hilang akibat penyakit ini.

Tahun lalu, bahaya kepunahan ini sempat ditanggulangi lewat program pengembangbiakkan yang dilakukan secara nasional. Hasilnya 600 ekor Tasmanian Devil berhasil diselamatkan di 31 kebun binatang.

"Program tersebut telah sukses besar, kini kita harus akan terus melakukan hal yang sama untuk terus mendorong memerangi penyakit tersebut dan mengamankan masa depan mereka di alam bebas," kata Groom.

Lambang negara bagian di Australia

Queensland memilih koala sebagai lambang negara bagiannya, sementara New South Wales memilih platypus.

Negara bagian Victoria memiliki possum jenis leadbeater, Australia Selatan memiliki wombat dengan hidung berbulu, sementara Australia Barat adalah hewan numbat.

Sementara, lambang untuk negara bagian Kawasan Australia Utara adalah kanguru merah.

Kawasan Ibu Kota Australia atau ACT tidak memiliki lambang hewan resmi, tapi burung yang menjadi ikon negara bagian ini adalah kakatua jenis gang-gang. (radioaustralia.net.au)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home