Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:23 WIB | Minggu, 17 Oktober 2021

Miliarder Jepang Akan Terbang ke Luar Angkasa

Miliarder Jepang Akan Terbang ke Luar Angkasa
Peserta penerbangan luar angkasa Yusaku Maezawa menghadiri sesi pelatihan menjelang ekspedisi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional di Pusat Pelatihan Kosmonot Gagarin di Star City di luar Moskow, Rusia, Kamis, 14 Oktober 2021. Seorang taipan mode Jepang yang memesan wahana SpaceX ke bulan akan mencoba Stasiun Luar Angkasa Internasional terlebih dahulu. Yusaku Maezawa mengumumkan bahwa dia membeli dua kursi di kapsul Soyuz Rusia. Dia akan meluncur pada bulan Desember dalam misi 12 hari dengan asisten produksinya dan seorang kosmonot profesional. (Foto-foto: Shamil Zhumatov/pool via AP)
Miliarder Jepang Akan Terbang ke Luar Angkasa
Kosmonot Roscosmos Alexander Misurkin, tengah, dan peserta penerbangan luar angkasa Yusaku Maezawa, kiri, dan Yozo Hirano berfoto selama sesi pelatihan menjelang ekspedisi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional di Pusat Pelatihan Kosmonot Gagarin di Star City di luar Moskow, Rusia , Kamis, 14 Oktober 2021.

MOSCOW, SATUHARAPAN.COM-Penerbangan yang akan datang ke luar angkasa oleh seorang miliarder Jepang akan memungkinkan masyarakat untuk melihat lebih dekat kehidupan di pos terdepan yang mengorbit, kata presiden Space Adventures, sebuah perusahaan yang menyelenggarakan penerbangan itu, hari Jumat (15/10).

Yusaku Maezawa akan meluncur ke luar angkasa pada 8 Desember dengan pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia bersama dengan produser Yozo Hirano yang akan memfilmkan misinya dan kosmonot Rusia, Alexander Misurkin.

Tom Shelley, presiden Space Adventures, mengatakan Maezawa menyusun daftar 100 hal yang harus dia lakukan di luar angkasa selama misi 12 hari setelah meminta ide dari publik.

"Niatnya adalah untuk mencoba berbagi pengalaman tentang apa artinya berada di luar angkasa dengan masyarakat umum," kata Shelley dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press, menambahkan itu akan mencakup "hal-hal sederhana tentang kehidupan sehari-hari hingga mungkin beberapa kesenangan lainnya, termasuk kegiatan yang lebih serius juga.”

Space Adventures, sebuah perusahaan yang berbasis di Virginia, sebelumnya telah bekerja dengan pejabat luar angkasa Rusia untuk menempatkan beberapa klien swasta di orbit.

Maezawa, yang telah mempersiapkan penerbangan di fasilitas luar angkasa Rusia bersama dengan rekan-rekannya, mengatakan selama konferensi pers hari Kamis (14/10) bahwa dia sangat senang dengan pelatihan yang meniru gravitasi nol di orbit.

Dia mengatakan bahwa pelatihan pakaian antariksa untuk keadaan darurat di stasiun secara fisik sangat berat tetapi menarik. Maezawa mencatat bahwa daftar 100 hal yang harus dilakukan selama berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) termasuk bermain bulu tangkis di orbit dengan rekan awak Rusia-nya, Misurkin.

Saat ini di stasiun tersebut, aktor Rusia Yulia Peresild dan sutradara film Klim Shipenko sedang membuat film pertama di dunia di orbit, sebuah proyek yang menurut Kremlin akan membantu memoles kejayaan luar angkasa bangsa.

Peresild dan Shipenko meroket ke orbit di pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia pada 5 Oktober untuk tugas 12 hari di stasiun untuk memfilmkan segmen film berjudul "Tantangan," di mana seorang ahli bedah yang diperankan oleh Peresild bergegas ke stasiun luar angkasa untuk menyelamatkan anggota kru yang membutuhkan operasi mendesak di orbit.

Peresild dan Shipenko dijadwalkan untuk kembali ke Bumi pada hari Minggu (17/10) dengan kosmonot Rusia lainnya, Oleg Novitskiy, yang juga akan berperan sebagai kosmonot yang sakit dalam film tersebut.

Dalam potensi lain pertama, Shelley mengatakan bahwa Space Adventures memiliki pengaturan dengan mitra Rusia untuk dua pelanggan pribadi untuk melakukan penerbangan ke stasiun pada akhir tahun 2023 atau awal 2024, di mana salah satu dari mereka akan melakukan perjalanan ruang angkasa.

Dia mengatakan bahwa perusahaan sedang dalam diskusi dengan sejumlah pelanggan potensial dan berharap untuk mengkonfirmasi misi itu dalam beberapa bulan ke depan.

“Itu belum pernah selesai sebelumnya,” kata Shelley. “Ini adalah sesuatu yang kami sangat bersemangat selama beberapa tahun untuk melakukan itu.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home