Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:21 WIB | Sabtu, 16 Oktober 2021

Gempa 4,8 Guncang Karang Asem, Bali

Peta lokasi pusat gempa. (Foto: USGS)

DENPASAR, SATUHARAPAN.COM-Bempa bumi berkekuatan 4,8 mengguncang Karang Asem, Bali, hari Sabtu (16/10) dini hari.

Laporan media setempat menyebutkan sejumlah rumah mengalami rusak dan juga ada laporan seorang meninggal.

Berdasarkan informasi dari BMKG (Badan Meteorology Klimatologi dan Geofisika), pusat gempa pada delapan kilometer dari Karang Asem pada kedalaman 10 kilometer. Gempa terjadoi pada pukul 03:18 WIB dan koordinat pusat gempa pada 8,32 Lintang Selatan dan 115,45 Bujur Timur.

Getaran gempa tidak hanya dirasakan di Pulau Bali, tetapi juga hingga ke Pulau Lombok. Dan terjadi gempa susulan dengan kekuatan 3,8 pada pukul 03:22 WIB dan pusat gempa bedara tidak jauh dari pusat gempa pertama.

Data BMKG menyebutkan getaran diurasakan pada skala IV di Denpasar, Karang Asem, dan Lombok Utara, skala III terasa di Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Tengah dan Mataram.

Selain itu, BMKG juga menginformasikan gempa lain yang melanda wilayah Liwa, Lampung. Gempa terjadi pada pukul 06:17 WIB hari Sabtu (16/10) dengan kekuatan 5,0.

Pusat gempa pada koordinat 4,92 Lintang Selatan dan 102,95 Bujur Timut di 17 kilometer barat daya Kaur. Pusat gempa berada di laut, dan getarannya terasa pada skala III di Liwam II dan III di Kapahiang, dan slake II di Pagar Alam.

Belum ada informasi tentang kerusakan akibat gempa itu.

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home