Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 19:25 WIB | Senin, 15 Juni 2015

Milisi Kurdi Masuki Wilayah Kekuasaan ISIS

Massa dari Suriah datang ketika pejuang Kurdi mengumumkan mereka maju menuju kota perbatasan Tal Abyad. (Foto: AP)

SURIAH, SATUHARAPAN.COM – Pasukan Kurdi memaksa menutup sebuah kota perbatasan yang dikuasai oleh jihadis yang merupakan wilayah strategis di Suriah utara, Minggu (14/6), memacu warga sipil yang ketakutan keluar dari desa-desa sekitarnya.

Didukung oleh pemberontak sekutu dan serangan udara oleh koalisi pimpinan AS, milisi Kurdi menekan serangan mereka di Tal Abyad, yang digunakan oleh ISIS sebagai jalan keluar dari Turki.

Sabtu (13/6), Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) maju ke lima kilometer (tiga mil) dari Tal Abyad, kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Milisi juga menguasai sedikitnya 20 desa sebelah barat daya dari kota perbatasan, kata kelompok monitoring yang berbasis di Inggris menambahkan.

"Mereka berada di pinggiran timur Tal Abyad, tapi depan barat daya jauh lebih sulit karena lebih padat," kata Direktur Observatorium Rami Abdel Rahman.

Seorang aktivis Kurdi yang mengunjungi garis depan setiap hari itu mengatakan populasi campuran di daerah itu yang terdiri dari Kurdi dan Arab itu mencari perlindungan di mana pun bisa.

"Tal Abyad hampir sepenuhnya dikuasai," kata Arin Shekhmos AFP.

Seorang koresponden AFP di sisi perbatasan Turki melaporkan bahwa ribuan calon pengungsi mengantre di belakang kawat berduri untuk mencari suaka.

Aktivis Kurdi lainnya di kota medan pertempuran simbolis Kobane barat, dibebaskan dari ISIS oleh pasukan Kurdi awal tahun ini, kata pihak berwenang di sana yang telah mendirikan kamp untuk pengungsi.

"Kami sedang menunggu untuk seluruh wilayah perbatasan dibebaskan - dari timur laut Suriah sampai ke Kobane," kata Mustafa Ebdi AFP.

Tal Abyad terletak di bagian Arab yang sebagian besar merupakan penganut Muslim Sunni dari perbatasan antara Kurdi Kobane dan paling padat penduduknya etnis wilayah Kurdi Suriah - provinsi Hasakeh - di timur laut.

Ebdi dan Observatorium mengatakan pasukan Kurdi telah menduduki kota terdekat Suluk dan memukul mundur ISIS ke Tal Abyad dari timur.

"ISIS telah benar-benar ditarik dari Suluk. Pasukan Kurdi sedang menyisiri wilayah itu dan membersihkan ranjau dan kendaraan jebakan di sana," kata Abdel Rahman.

Dia mengatakan kepada AFP bahwa serangan udara yang dipimpin AS merupakan kunci dalam memaksa jihadis untuk mundur.

Pada hari Sabtu (13/6), koalisi mengatakan telah menyerang tiga orang militan ISIS unit taktis dekat Kobane dan telah menghancurkan salah satu posisi pertempuran kelompok itu.

Untuk bagian barat di provinsi Aleppo, serangan koalisi menewaskan sedikitnya 12 pejuang ISIS saat mereka bertempur melawan aliansi pemberontak untuk menguasai rute pasokan dari Turki, kata Abdel Rahman.

Suriah utara adalah medan pertempuran yang paling kompleks dalam lebih dari empat tahun perang saudara di negara itu, dengan pertempuran ISIS memerangi milisi Kurdi, pasukan pemerintah Suriah dan aliansi pemberontak termasuk jihadis saingan al-Qaeda. (alarabiya.net)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home