Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:28 WIB | Senin, 20 Februari 2023

Militer AS Teliti Sisa Balon Udara Mata-mata China

Para pelaut yang ditugaskan di Assault Craft Unit 4 menyiapkan material yang ditemukan di lepas pantai Myrtle Beach, S.C., di Samudra Atlantik dari penembakan balon ketinggian tinggi CVhina, untuk diangkut ke FBI, di Joint Expeditionary Base Little Creek di Virginia Beach, Va, pada 10 Februari 2023. Pejabat AS mengatakan militer telah menyelesaikan upaya untuk memulihkan sisa-sisa balon besar, dan analisis puing sejauh ini memperkuat kesimpulan bahwa itu adalah balon mata-mata China. (Foto: dok. Ryan Seelbach/Angkatan Laut AS via AP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM - Militer Amerika Serikat mengatakan bahwa mereka telah mengakhiri pencarian benda-benda di udara yang ditembak jatuh di dekat Deadhorse, Alaska, dan di atas Danau Huron pada 10 dan 12 Februari.

Pernyataan yang dirilis hari Jumat (17/2) malam datang beberapa jam setelah para pejabat mengatakan AS telah menyelesaikan upaya untuk memulihkan sisa-sisa balon besar yang ditembak jatuh pada 4 Februari di lepas pantai Carolina Selatan, dan analisis puing-puing sejauh ini memperkuat kesimpulan bahwa itu adalah sebuah Balon mata-mata China.

Para pejabat mengatakan AS percaya bahwa personel Angkatan Laut, Penjaga Pantai, dan FBI mengumpulkan semua puing balon itu dari dasar laut, termasuk peralatan utama dari muatan yang dapat mengungkapkan informasi apa yang dapat dipantau dan dikumpulkannya. Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih, John Kirby, mengatakan sejumlah besar puing ditemukan dan itu termasuk "elektronik dan optik" dari muatan. Dia menolak untuk mengatakan apa, jika ada, yang telah dipelajari AS dari reruntuhan sejauh ini.

Komando Utara AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa operasi pemulihan berakhir hari Kamis dan potongan terakhir sedang dalam perjalanan ke laboratorium FBI di Virginia untuk dianalisis. Dikatakan pembatasan udara dan laut di South Carolina telah dicabut.

Komando Utara kemudian mengatakan bahwa keputusan untuk mengakhiri pencarian objek yang ditembak jatuh di atas Alaska dan Danau Huron datang setelah AS dan Kanada “melakukan pencarian sistematis di setiap area menggunakan berbagai kemampuan, termasuk citra dan sensor udara, sensor permukaan, dan inspeksi, dan pemindaian bawah permukaan, dan tidak menemukan puing-puing.” Komando Utara mengatakan perimeter keselamatan udara dan laut juga dicabut di kedua lokasi tersebut.

Pengumuman tersebut menutup tiga pekan dramatis yang menyaksikan jet tempur AS menembak jatuh empat objek udara — balon besar China pada 4 Februari dan tiga objek yang jauh lebih kecil sekitar sepekan kemudian di atas Kanada, Alaska, dan Danau Huron. Itu adalah penembakan objek tidak sah pertama yang diketahui di masa damai di wilayah udara AS.

Sementara militer yakin bahwa balon yang ditembak jatuh dari South Carolina adalah pesawat pengintai yang dioperasikan oleh China, pemerintahan Biden telah mengakui bahwa tiga objek yang lebih kecil kemungkinan adalah balon milik sipil yang menjadi sasaran selama respons yang meningkat, setelah radar pertahanan tanah air AS dikalibrasi ulang untuk mendeteksi item udara yang bergerak lebih lambat.

Sebagian besar balon China jatuh ke dalam air sekitar 50 kaki (15 meter), dan Angkatan Laut dapat mengumpulkan sisa-sisa yang mengapung di permukaan, dan penyelam serta kapal angkatan laut tak berawak menarik sisanya dari dasar lautan. Komando Utara mengatakan pada hari Jumat bahwa semua kapal Angkatan Laut dan Penjaga Pantai telah meninggalkan daerah tersebut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home