Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:51 WIB | Senin, 13 Februari 2023

China Klaim AS Telah Terbangkan 10 Balon Udara di Wilayahnya

Para pelaut yang ditugaskan ke Grup Pembuangan Persenjataan Peledak 2 memulihkan balon pengintai ketinggian tinggi di lepas pantai Pantai Myrtle, SC, 5 Februari 2023. Sebuah misil ditembakkan pada 5 Februari oleh seorang AS F-22 di lepas pantai Carolina mengakhiri penerbangan selama berhari-hari dari apa yang dikatakan pemerintahan Biden sebagai operasi pengintaian yang membawa balon China di dekat lokasi militer AS. Itu adalah serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh wilayah AS selama beberapa dekade terakhir, dan menimbulkan kekhawatiran di antara orang Amerika tentang kemungkinan peningkatan mata-mata dan tantangan lain dari saingannya China. (Foto: Angkatan Laut AS melalui AP)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - China pada Senin (13/2) mengatakan lebih dari 10 balon ketinggian Amerika Serikat telah terbang di wilayah udaranya selama setahun terakhir tanpa izinnya, menyusul tuduhan Washington bahwa Beijing mengoperasikan armada balon pengintai di seluruh dunia.

Tuduhan China muncul setelah AS menembak jatuh balon mata-mata China yang dicurigai telah menyeberang dari Alaska ke South Carolina, memicu krisis baru dalam hubungan bilateral yang telah mencapai level terendah dalam beberapa dekade.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, tidak memberikan perincian tentang dugaan balon AS, bagaimana mereka ditangani atau apakah mereka memiliki hubungan dengan pemerintah atau militer.

“Balon AS juga biasa memasuki wilayah udara negara lain secara ilegal,” kata Wang dalam jumpa pers harian. “Sejak tahun lalu, balon ketinggian tinggi AS telah terbang secara ilegal di atas wilayah udara China lebih dari 10 kali tanpa persetujuan otoritas China.”

Wang mengatakan AS harus “pertama-tama merenungkan dirinya sendiri dan mengubah arah, daripada mencoreng dan memicu konfrontasi.”

China mengatakan balon yang ditembak jatuh oleh AS adalah pesawat tak berawak yang dibuat untuk penelitian meteorologi yang telah diterbangkan. Ia menuduh AS bereaksi berlebihan dengan menembak jatuh dan mengancam akan mengambil tindakan yang tidak ditentukan sebagai tanggapan.

Kapal China Ancam Kapal Filipina

Menyusul insiden itu, Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, membatalkan kunjungan ke Beijing yang diharapkan banyak orang akan mengerem penurunan tajam hubungan terkait Taiwan, perdagangan, hak asasi manusia, dan tindakan China yang mengancam di Laut China Selatan yang disengketakan.

Juga pada hari Senin, Filipina menuduh kapal penjaga pantai China menargetkan kapal penjaga pantai Filipina dengan laser tingkat militer dan untuk sementara membutakan beberapa awaknya di Laut China Selatan, menyebutnya sebagai pelanggaran "terang-terangan" terhadap hak kedaulatan Manila.

Wang mengatakan sebuah kapal penjaga pantai Filipina telah masuk tanpa izin ke perairan China tanpa izin pada 6 Februari dan kapal penjaga pantai China menanggapi “secara profesional dan menahan diri.” China mengklaim hampir semua jalur air strategis itu dan terus membangun kekuatan maritim dan pos-pos pulaunya.

“China dan Filipina menjaga komunikasi melalui saluran diplomatik dalam hal ini,” kata Wang. Kementerian Pertahanan China tidak segera menanggapi pertanyaan tentang insiden tersebut.

Menambah ketegangan, sebuah jet tempur AS menembak jatuh "objek tak dikenal" di atas Danau Huron pada hari Minggu (12/2) atas perintah dari Presiden Joe Biden. Itu adalah yang dijatuhkan keempat dalam delapan hari dalam rangkaian peristiwa luar biasa di wilayah udara AS yang diyakini pejabat Pentagon tidak memiliki preseden masa damai.

Balon China yang ditembak jatuh oleh AS diperlengkapi untuk mendeteksi dan mengumpulkan sinyal intelijen sebagai bagian dari program pengawasan udara besar terkait militer yang menargetkan lebih dari 40 negara, kata pemerintahan Biden hari Kamis (9/2), mengutip citra dari pesawat mata-mata U-2 Amerika.

Bagian dari alasan penembakan berulang kali adalah "peringatan yang meningkat" menyusul dugaan balon mata-mata China, kata Jenderal Glen VanHerck, kepala NORAD dan Komando Utara AS, dalam pengarahan kepada wartawan.

Amerika Serikat sejak itu memberlakukan pembatasan ekonomi pada enam entitas China yang katanya terkait dengan program kedirgantaraan Beijing sebagai bagian dari tanggapannya terhadap insiden tersebut. Dewan Perwakilan Rakyat AS juga memilih dengan suara bulat untuk mengutuk China atas "pelanggaran terang-terangan" atas kedaulatan AS dan upaya untuk "menipu masyarakat internasional melalui klaim palsu tentang kampanye pengumpulan intelijennya."

Wang, juru bicara China, mengulangi penolakan China atas klaim tersebut, dengan mengatakan, “seringnya penembakan rudal canggih oleh AS untuk menembak jatuh objek adalah reaksi berlebihan dari kelelahan.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home