Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 09:42 WIB | Minggu, 26 Desember 2021

Militer Myanmar Bunuh dan Bakar 30 Orang

Militer Myanmar Bunuh dan Bakar 30 Orang
Foto yang disediakan oleh Karenni Nationalities Defense Force (KNDF), asap dan api mengepul dari kendaraan di distrik Hpruso, negara bagian Kayah, Myanmar, pada hari Jumat (24/12). Pasukan pemerintah Myanmar menangkap penduduk desa, beberapa diyakini perempuan dan anak-anak, menembak mati lebih dari 30 orang dan membakar mayat-mayat itu, kata seorang saksi mata dan laporan lainnya, hari Sabtu. (Foto-foto: KNDF via AP)
Militer Myanmar Bunuh dan Bakar 30 Orang
Militer Myanmar Bunuh dan Bakar 30 Orang

YANGON, SATUHARAPAN.COM-Pasukan pemerintah Myanmar menangkap penduduk desa, beberapa diyakini perempuan dan anak-anak, menembak mati lebih dari 30 orang dan membakar mayat-mayat itu, kata seorang saksi mata dan laporan lainnya, hari Sabtu (25/12).

Foto-foto yang diklaim sebagai akibat dari pembantaian Malam Natal di desa Mo So di wilayah timur, tepat di luar distrik Hpruso di negara bagian Kayah di mana para pengungsi berlindung dari serangan tentara, menyebar di media sosial di negara itu, memicu kemarahan terhadap militer yang mengambil alih kekuasaan pada bulan Februari.

Akun itu tidak dapat diverifikasi secara independen. Foto-foto itu menunjukkan tubuh hangus lebih dari 30 orang di tiga kendaraan yang terbakar.

Seorang penduduk desa yang mengatakan dia pergi ke tempat kejadian mengatakan kepada The Associated Press bahwa para korban telah melarikan diri dari pertempuran antara kelompok perlawanan bersenjata dan tentara Myanmar di dekat desa Koi Ngan, yang berada tepat di samping Mo So, pada hari Jumat (24/12).

Dia mengatakan mereka dibunuh setelah mereka ditangkap oleh pasukan saat menuju ke kamp-kamp pengungsi di bagian barat distrik itu.

Pemerintah belum mengomentari tuduhan tersebut, tetapi sebuah laporan di surat kabar harian Myanma Alinn yang dikelola negara pada hari Sabtu mengatakan bahwa pertempuran di dekat Mo So pecah pada hari Jumat ketika anggota pasukan gerilya etnis, yang dikenal sebagai Partai Progresif Nasional Karenni, dan mereka yang menentang militer mengendarai kendaraan "mencurigakan" dan menyerang pasukan keamanan setelah menolak untuk berhenti.

Laporan surat kabar itu mengatakan mereka termasuk anggota baru yang akan menghadiri pelatihan untuk memerangi tentara, dan bahwa tujuh kendaraan yang mereka tumpangi hancur dalam kebakaran. Tidak ada rincian lebih lanjut tentang pembunuhan itu.

Saksi yang berbicara kepada AP mengatakan sisa-sisa tubuh itu dibakar tanpa bisa dikenali, dan pakaian anak-anak dan wanita ditemukan bersama dengan persediaan medis dan makanan. "Mayat diikat dengan tali sebelum dibakar," kata saksi yang tidak mau disebutkan namanya karena khawatir akan keselamatannya.

Dia tidak melihat saat mereka terbunuh, tetapi mengatakan dia yakin beberapa dari mereka adalah penduduk desa Mo So yang dilaporkan ditangkap oleh pasukan pada hari Jumat. Dia menyangkal bahwa mereka yang ditangkap adalah anggota kelompok milisi yang terorganisir secara lokal.

Media independen Myanmar melaporkan pada hari Jumat bahwa 10 penduduk desa Mo So termasuk anak-anak ditangkap oleh tentara dan empat anggota Pasukan Penjaga Perbatasan paramiliter lokal yang pergi untuk bernegosiasi untuk pembebasan mereka dilaporkan diikat dan ditembak di kepala oleh militer.

Saksi mengatakan penduduk desa dan kelompok milisi anti pemerintah meninggalkan mayat-mayat itu ketika pasukan militer tiba di dekat Mo So sementara mayat-mayat itu sedang dipersiapkan untuk dikremasi. Pertempuran masih sengit di dekat desa.

“Ini adalah kejahatan keji dan insiden terburuk selama Natal. Kami mengutuk keras pembantaian itu sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan,” kata Banyar Khun Aung, direktur Kelompok Hak Asasi Manusia Karenni.

Awal bulan ini, pasukan pemerintah juga dituduh mengumpulkan penduduk desa, beberapa diyakini anak-anak, mengikat mereka dan membantai mereka. Seorang pemimpin oposisi, Dr Sasa, yang hanya menggunakan satu nama, mengatakan warga sipil dibakar hidup-hidup.

Sebuah video setelah serangan pada 7 Desember, tampaknya pembalasan atas serangan terhadap konvoi militer, menunjukkan tubuh 11 orang yang hangus tergeletak dalam lingkaran di tengah apa yang tampak seperti sisa-sisa gubuk.

Sementara itu pertempuran berlanjut pada Sabtu di negara bagian tetangga di perbatasan dengan Thailand, di mana ribuan orang telah melarikan diri untuk mencari perlindungan. Pejabat setempat mengatakan militer Myanmar melancarkan serangan udara dan artileri berat di Lay Kay Kaw, sebuah kota kecil yang dikendalikan oleh gerilyawan etnis Karen, sejak Jumat.

Tindakan militer tersebut mendorong beberapa pemerintah Barat termasuk Kedutaan Besar AS untuk mengeluarkan pernyataan bersama yang mengutuk “pelanggaran hak asasi manusia serius yang dilakukan oleh rezim militer di seluruh negeri.”

"Kami menyerukan rezim untuk segera menghentikan serangan membabi buta di negara bagian Karen dan di seluruh negeri, dan untuk memastikan keselamatan semua warga sipil sesuai dengan hukum internasional," kata pernyataan bersama itu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home