Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 16:04 WIB | Kamis, 24 September 2015

Militer Nigeria Selamatkan Ratusan Sandera Boko Haram

Ilustrasi. Perempuan dan anak-anak yang diselamatkan oleh pasukan Nigeria. (Foto: nydailynews.com)

LAGOS, SATUHARAPAN.COM – Militer Nigeria pada Rabu (23/9) mengatakan bahwa tentara berhasil menyelamatkan 241 perempuan dan anak-anak dalam operasi terhadap militan Islamis Boko Haram di wilayah timur laut negara itu yang bergolak.

Perempuan dan anak-anak tersebut dibawa pada Selasa (22/9) saat tentara mengosongkan “kamp teroris” di dekat Banki di negara bagian Borno, di dekat perbatasan dengan Kamerun.

Boko Haram memanfaatkan Banki untuk melancarkan serangan lintas perbatasan termasuk di dan sekitar kota Kamerun, Amchide, tempat kelompok tersebut bentrok dengan pasukan keamanan dan gagal melakukan serangan bom bunuh diri pada Selasa.

Juru bicara angkatan darat Sani Usman mengatakan kepada AFP secara terpisah bahwa hingga saat saat ini masih belum diketahui apakah mereka yang diselamatkan itu sebelumnya diculik oleh Boko Haram.

“Pemeriksaan untuk mengetahui kepastian status mereka sedang berlangsung. Beberapa orang ditahan, sedangkan beberapa orang lainnya merupakan keluarga (para militan),” katanya.

Amnesty International pada tahun ini mengatakan bahwa Boko Haram menyandera lebih dari 2.000 perempuan sejak Januari 2014 sebagai bagian dari upaya mereka untuk mendirikan negara Islam garis keras di wilayah tersebut.

Ratusan wanita dan anak-anak itu dibawa keluar dari markas kelompok itu di Sambisa Forest di negara bagian Borno pada Mei dan bulan lalu hampir 180 orang berhasil dibebaskan dari selatan ibu kota negara bagian itu, Maiduguri.

Usman mengatakan 43 tersangka pejuang Boko Haram ditahan dalam operasi penggerebekan pada Selasa di desa Jangurori dan Bulatori, termasuk tersangka komandan regional atau “emir”.(AFP)

 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home