Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 19:23 WIB | Senin, 05 Desember 2016

Militer Suriah Rebut Wilayah Baru di Aleppo

Ilustrasi. Pasukan propemerintah melintasi warga yang mengungsi dari wilayah timur Aleppo menuju Masaken Hanano, distrik yang berhasil direbut pemerintah dari tangan pemberontak pekan lalu, 30 November 2016. (Foto: AFP/George OURFALIAN)

ALEPPO, SATUHARAPAN.COM – Militer Suriah dan pasukan sekutu merebut sebuah wilayah baru dari tangan pemberontak di Aleppo timur semalam, kata Observatorium HAM Suriah pada Senin (5/12), dan saat ini menguasai sekitar dua pertiga wilayah bekas benteng pemberontak tersebut.

Militer merebut wilayah Qadi Askar setelah sebelumnya menguasai daerah Karm al-Myessar, Karm al-Qatarji dan Karm al-Tahan, kata Observatorium.

Grup yang berbasis di Inggris itu mengatakan operasi mereka berhasil membuat pasukan pemerintah mengepung wilayah Shaar dan membuatnya nyaris terlepas dari tangan pemberontak.

Dengan perebutan kembali Shaar, militer akan menguasai 70 persen wilayah Aleppo timur, empat tahun setelah pemberontak pertama kali merebutnya.

Direktur Observatorium Rami Abdel Rahman mengatakan ratusan orang melarikan diri dari daerah yang baru direbut tersebut.

Observatorium memperkirakan sedikitnya 50.000 orang meninggalkan Aleppo timur menuju sejumlah daerah yang berada di bawah kekuasaan pemerintah atau Kurdi di wilayah barat atau utara kota itu dalam beberapa hari terakhir.(AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home